Berita Daerah

Sukhairi Tinjau Kerusakan Areal Persawahan Terdampak Banjir Aek Muara Sada

Madinapos.com – Panyabungan.

Bupati Mandailing Natal HM. Jakfar Sukhairi Nasution bersama rombongan meninjau kerusakan areal persawahan masyarakat yang mengalami kerusakan mencapai luas 250 hektar akibat genangan dan terjangan banjir Aek Muara Sada Kelurahan Simangambat Kecamatan Siabu pada Rabu (16/8) lalu. Kerusakan ini diperkirakan menyebabkan 50 hektar lebih sawah masyarakat akan gagal panen atau mengalami fuso.

Berdasarkan data yang disampaikan kepada media ini, penyebab banjir adalah curah hujan tinggi yang terjadi baru – baru ini sehingga menyebabkan arus deras dan limpahan air bercampur lumpur sehingga menutupi bentangan sawah masyarakat yang baru berusia rata – rata 2 bulan. Untuk memperbaiki kerusakan Bupati memerintahkan Dinas PUPR dan Dinas Pertanian menurunkan alat berat untuk segera memperbaiki kerusakan yang ditimbulkan banjir tersebut.

“Saya sudah meninjau secara keseluruhan areal persawahan masyarakat yang mengalami kerusakan akibat terjangan banjir Aek Muara Sada tersebut, kita cukup prihatin atas kondisi ini dan selanjutnya telah saya perintahkan dinas terkait untuk membantu masyarakat baik itu bantuan bibit hingga perbaikan tanggul yang saya lihat tadi jebol akibat terjangan banjir”, ungkapnya usai meninjau lokasi tersebut, Jumat (20/8) sore.

Sementara itu, Kadis PUPR Madina Ruly Lubis kepada awak media ini mengatakan akan melakukan penanganan cepat untuk membantu mengatasi kerusakan dampak banjir Aek Muara Sada ini. Ia juga mengatakan akan menurunkan 4 alat berat jenis ekscavator untuk segera memperbaiki tanggul yang jebol.

“Sesuai dengan arahan bapak Bupati usai melakukan peninjauan tadi, kami akan segera bekerja cepat untuk memperbaiki tanggul – tanggul yang jebol dan jalan usaha tani yang mengalami kerusakan untuk segera dapat dipergunakan kembali, mengingat curah hujan juga masih tinggi kedepan”, tutupnya.

Turut mendampingi kunjungan Bupati, tokoh masyarakat Hidayat Batubara, Kadis PUPR Madina Ruli Lubis, Kadis Pertanian Siar, Kadis Perkim Khairul, Ka. BPBD Madina, Kadis Sosial M. Taupik, Camat Siabu, Kapolsek, Danramil, serta Edi Anwar Anggota DPRD Madina Fraksi PKB. (Suaib)

loading...

Komentar Facebook

Related Posts