Peristiwa

Banjir, Warga Perbatasan di Lingga Bayu Mulai Mengungsi

Madinapos.com – Lingga Bayu:

Intensitas hujan yang tinggi hari ini membuat sungai batang natal meluap, akibatnya, Desa Perbatasan yang berbatas dengan Desa Tapus, Kecamatan Lingga Bayu malam ini terendam banjir. Koresponden Madinapos Sakti Lubis melaporkan, jalan raya di desa itu tergenang air se pinggang orang dewasa, kendaraan yang melintas pun harus hati hati, selain jalan raya, sejumlah rumah penduduk desa juga terendam banjir.

Banjir ini diakibatkan luapan sungai batang natal yang tidak mampu menampung debit air hujan sehingga meluber ke pemukiman dan jalan raya, sejauh ini, sejunlah wargabyabg runahnya terendam banjir mengungsi ke masjid setempat, sebagian kaum laki laki memantau perkembangan debit air sungai batang natal, tidak tertutup kemungkinan, apabila debit air terus meningkat, warga yang rumahnya terendam air dan masih bertahan di rumahnya juga akan mengungsi.

Rasyid salah satu warga Desa Perbatasan pada Madinapos mengaku , banjir kali ini beda dengan banjir sebelumnya, ” dahulu banjir satu kali setahun, kalau saad ini setiap intensitas hujan tinggi selalu banjir ” tutur Rasyid.

Rasyid melihat, kondisi yang terjadi saat ini akibat adanya kegiatan penambangan di daerah aliran sungai sehingga membuat ekosistem sungai rusak dan terjadi pendangkalan sungai.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD ) Yasir Nasution pada Madinapos malam ini 18/07 mengaku terus melakukan kordinasi dengan sejumlah camat yang malam ini daerahnya kebanjiran.

” kita terus kordinasi dengan para camat seperti Camat Batang Natal, Lingga Bayu dan Muara Batang Gadis, kita juga sarankan agar camat memberikan himbauan pada warga khususnya yang bermukim di bantaran sungai agar waspada ” papar Yasir Nasution.

terkait adanya warga yang mengungsi, Kepala BPBD Mandailing Natal membenarkan hal tersebut, sebagian aarga desa yang rumahnya terendam banjir sudah di epakuasi ke masjid setempat.

Yasir Nasution juga mengatakan bahwa malam ini, selain di Desa Perbatasan di Kecamatan Lingga Bayu, Desa Lubuk Kapundung Siulang Aling Kecamatan Muara Batang Gadia juga kebanjiran. kondisi debit air sungai saat ini sudah mulai naik ke pemukiman penduduk.

Reporter : Tim Redaksi

loading...

Komentar Facebook

Related Posts