Menu

Mode Gelap

Berita Daerah

76 Tahun, Makna Kemerdekaan Belum Dirasakan Seutuhnya Bagi Warga Desa Sopo Batu


					76 Tahun, Makna Kemerdekaan Belum Dirasakan Seutuhnya Bagi Warga Desa Sopo Batu Perbesar

Madinapos.com – Panyabungan.

76 Tahun Indonesia Merdeka, makna itu belum dirasakan seutuhnya bagi 700 jiwa atau 189 KK warga Desa Sopo Batu Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal. Jika hujan didapati jalanan tanah liat licin, terjal dan berlobang yang sulit untuk dilalui, dan jika malam didapati kampung kelam gelap gulita dengan lampu teplok minyak tanah untuk menerangi setiap sudut rumah pondok warga yang rata-rata didirikan diantara rerimbunan pohon rambung cukup sederhana.

Padahal, Desa Sopo Batu hanya berjarak kurang lebih 5 Km dari Pusat Kota Kabupaten yang sudah memisahkan diri 22 tahun dari induk Kabupaten Tapanuli Selatan. Untuk itu, sebagian warga cukup wajar menitipkan pesan melalui media ini bahwa makna kemerdekaan yang sesungguhnya masih jauh dirasakan bagi warga Desa Sopo Batu, karena akses pembangunan masih lamban menjangkau desa mereka.

Gozali, tokoh masyarakat Desa Sopo Batu kepada media ini Selasa (17/8) menuturkan makna kemerdekaan itu belum dirasakan seutuhnya,” kami merasakan seperti desa yang ditinggalkan atau dikucilkan dari meriahnya pembangunan, lihatlah jalan kami, lihatlah perkampungan kami dan lihatlah bagaimana kami terus berjuang menerangi desa ini agar anak-anak kami tidak merasa terasingkan dari kehidupan ini”, paparnya

“Minimallah dulu aliran listrik dari PLN dibangun, sehingga mampu menerangi dan mendukung berbagai aktivitas warga desa keseharian sehingga malam bukanlah penghalang bagi warga untuk beraktivitas”, ungkapnya.

Ia juga menuturkan, warga desa ini sangat berharap Pemerintahan Kabupaten Mandailing Natal mulai mengarahkan pembangunan infrastruktur jalan yang memadai agar hasil bumi dapat dikeluarkan dengan mudah dan meningkatkan nilai ekonomis,” infrastruktur jalan yang memadai juga merangsang orang untuk datang berwisata untuk menikmati keindahan alam desa, ini juga nilai tambah secara ekonomis”, sebutnya.

“Bagi kami, kemerdekaan itu merupakan cita-cita luhur seluruh rakyat Indonesia yang harus diisi dengan pembangunan merata, sehingga tidak ada yang merasa dikucilkan dari nikmatnya kemerdekaan ini, selamat HUT Kemerdekaan RI Ke 76 Tahun, Merdeka …”, tutupnya mengakhir wawancara dengan media ini. (Suaib)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 83 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Pj. Walikota Salurkan Bantuan ATENSI PPKS Penyandang Disabilitas Kota Padangsidimpuan

13 Juni 2024 - 22:39

HUT Ke 74, Kodam I/BB Adakan Pengobatan Gratis

13 Juni 2024 - 13:01

166 Hewan Qurban Di Padangsidimpuan Hari Ini Diperiksa Kesehatannya

13 Juni 2024 - 10:59

Plt. Sekdakot terima Audiensi Dari PLN UP3 Padangsidimpuan

13 Juni 2024 - 10:54

Distan Madina Tinjau Tanggul Irigasi Aek Sibontar Jebol Dihantam Banjir

12 Juni 2024 - 17:30

12 Calon Pahlawan Devisa Negara Asal Tapsel Lolos Ke Korea Selatan

11 Juni 2024 - 20:57

Trending di Berita Daerah