Menu

Mode Gelap

Berita Daerah

76 Tahun, Makna Kemerdekaan Belum Dirasakan Seutuhnya Bagi Warga Desa Sopo Batu


					76 Tahun, Makna Kemerdekaan Belum Dirasakan Seutuhnya Bagi Warga Desa Sopo Batu Perbesar

Madinapos.com – Panyabungan.

76 Tahun Indonesia Merdeka, makna itu belum dirasakan seutuhnya bagi 700 jiwa atau 189 KK warga Desa Sopo Batu Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal. Jika hujan didapati jalanan tanah liat licin, terjal dan berlobang yang sulit untuk dilalui, dan jika malam didapati kampung kelam gelap gulita dengan lampu teplok minyak tanah untuk menerangi setiap sudut rumah pondok warga yang rata-rata didirikan diantara rerimbunan pohon rambung cukup sederhana.

Padahal, Desa Sopo Batu hanya berjarak kurang lebih 5 Km dari Pusat Kota Kabupaten yang sudah memisahkan diri 22 tahun dari induk Kabupaten Tapanuli Selatan. Untuk itu, sebagian warga cukup wajar menitipkan pesan melalui media ini bahwa makna kemerdekaan yang sesungguhnya masih jauh dirasakan bagi warga Desa Sopo Batu, karena akses pembangunan masih lamban menjangkau desa mereka.

Gozali, tokoh masyarakat Desa Sopo Batu kepada media ini Selasa (17/8) menuturkan makna kemerdekaan itu belum dirasakan seutuhnya,” kami merasakan seperti desa yang ditinggalkan atau dikucilkan dari meriahnya pembangunan, lihatlah jalan kami, lihatlah perkampungan kami dan lihatlah bagaimana kami terus berjuang menerangi desa ini agar anak-anak kami tidak merasa terasingkan dari kehidupan ini”, paparnya

“Minimallah dulu aliran listrik dari PLN dibangun, sehingga mampu menerangi dan mendukung berbagai aktivitas warga desa keseharian sehingga malam bukanlah penghalang bagi warga untuk beraktivitas”, ungkapnya.

Ia juga menuturkan, warga desa ini sangat berharap Pemerintahan Kabupaten Mandailing Natal mulai mengarahkan pembangunan infrastruktur jalan yang memadai agar hasil bumi dapat dikeluarkan dengan mudah dan meningkatkan nilai ekonomis,” infrastruktur jalan yang memadai juga merangsang orang untuk datang berwisata untuk menikmati keindahan alam desa, ini juga nilai tambah secara ekonomis”, sebutnya.

“Bagi kami, kemerdekaan itu merupakan cita-cita luhur seluruh rakyat Indonesia yang harus diisi dengan pembangunan merata, sehingga tidak ada yang merasa dikucilkan dari nikmatnya kemerdekaan ini, selamat HUT Kemerdekaan RI Ke 76 Tahun, Merdeka …”, tutupnya mengakhir wawancara dengan media ini. (Suaib)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 14 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Memperingati HUT RI Ke – 77 Tahun 2022, Pemkab Madina Gelar Tausiah, Zikir dan Doa Bersama

12 Agustus 2022 - 12:37

Bupati Madina Resmikan Beroperasinya Lopo Madheling Coffee di Mesjid Agung Nur Ala Nur Panyabungan

12 Agustus 2022 - 12:20

Wabup Madina Pimpin Apel Kesiapan Karhutlah di Polres Madina

12 Agustus 2022 - 10:18

Hadiri Pelantikan DPD KNPI Tapsel, Sekda : Segera Berbenah Guna Kemajuan Daerah

12 Agustus 2022 - 10:10

Lomba Desa Bersih dan Kompetisi Catur Meriahkan HUT RI Ke 77 Kecamatan Tambangan

11 Agustus 2022 - 20:20

UPT. Samsat Natal Gelar Sosialisasi Intensifikasi Pemungutan Pajak Kendaraan Bermotor Program PMKP 2022

11 Agustus 2022 - 15:29

Trending di Berita Daerah