Berita Daerah

Hari ini Tepat 14 Tahun Kabupaten Padang Lawas

Madinapos-Padang Lawas: 

Pemerintah Kabupaten Padang Lawas (Palas) dalam memperingati hari jadi yang ke-14 dengan mengelar upacara, dilapangan Komplek SKPD Terpadu Sigalagala Sibuhuan jalan lintas Sibuhuan -Sosa, desa Bulu sonik, kec Barumun, Sabtu (17/7/2021) di mulai pukul 09.00. Wib. Sampai selesai.

Wakil Bupati (Wabup) drg.H.Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt MM MSi berlaku bertindak sebagai inspektur upacara, Dan dihadiri Ketua DPRD Amran Pikal Siregar, Kapolres AKBP Jarot Yuspiq Andito SIK, Dandim 0212/Ts Letkol INF Rooy Chandra Sihombing SP, Kajari Teuku Herizal SH MH, Kakankemenag H.Abdul Manan MA, Kepala PN, Kepala PA, Sejumlah Tokoh Pemekaran, Ketua MUI H.Ismail Nasution LC, Bank Sumut, Bank BRI, Bank BNI 46, Sejumlah Kabag, Kasat Polres Palas, organisasi Kepemudaan, Organisasi Kemasayarakatan, Karang Taruna, dan puluhan unsur Kepala OPD, Pejabat lingkup daerah, ikut menyaksikan acara tersebut.

Bupati padang lawas melalui Wakil bupati, drg H.Ahmad Zarnawi pasaribu Cht.MM.Msi.menyampaiakan, Ucapan terima kasih, penghargaan dan apresiasi yang tingginya khususnya kepada para tokoh pemekaran yang telah melahirkan Kabupaten Palas sehingga terus berkembang sampai saat ini dan usia kabupaten Palas yang telah memasuki masa dewasa, sejatinya telah menunjukan diri sebagai daerah yang maju dalam aspek pembangunan diantaranya segi infrastruktur maupun Sumber Daya Manusia (SDM).

“Diusia kabupaten Palas ke-14 ini, Keberhasilan pembangunan selama kurun waktu selama ini, tidak terlepas dari komitmen yang kita bangun bersama dengan mendset jiwa mambangun dengan rasa tanggung jawab bersama dengan tidak melupakan kearipan lokal. Kabupaten lain bahkan telah melebihi batas usia kabupaten ini,seperti daerah yang telah berusia puluhan tahun berdiri,Namun masih bisa kita setara dengan kabupaten yang lain di daerah Sumut ini.Memang kita akui bahwa, masih banyak yang harus kita benahi dan kurang baiik, apalagi Dimasa pandemi covid -19 yang satu tahun mendera negara kita,termasuk kabupaten Padang lawas ini, tidak hanya menciptakan ktrisis kesehatan masyarakat secara nyata mengganggu aktifitas ekomomi nasioanal. Suatu contoh, provinsi Sumatera utara ada 12 kabupaten/ kota yang sempat di nerlakukan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat dan dari 12 kota tersebut ada 2 kota yaitu Kota Medan dan Sibolga masuk kriteria level IV Karena ada 30 orang /100 ribu penduduk dalam satu minggu di rawat di Rumah sakit juga ada 5 dari 1000 Ribu orang kasus kematian serta 150 kasus Aktif /100 ribu orang rentan satu minggu.’, terang Wabup.

Sambung Zarnawi’, Sedangkan informasi di kabupaten kita ini per 16 juli 2021, yang dapat kita sampaikan sesuai laporan, yang terjangkit 205 orang, Sembuh 114 orang, meninggal 26 orang dan sedangkan yang dirawat 65 orang. Sedangkan jumlah terindentifikasi suspek 184 orang di isolasi mandiri 153 orang, 8 orang sembuh,6 orang meninggal dan prebanel di Palas 6 orang.jika angka terkomfirmasi covid -19 meningkat di Palas ini tidak tertutup kemungkinan PPKM akan di berlakukan di Palas ini’,Ujar Zarnawi.

Sambung Wabup”, Di momentum jari jadi Palas ke 14 ini.Saya mengajak seluruh komponen masyarakat untuk tetap produktif meski covid -19 masih mewabah. Dan kita harus mematuhi prokes walaupun sudah melaksanakan vaksinasi, khusus ASN di saat masa covid -19 birokrasi di tuntut untuk terus bekerja melayani masyarakat dengan prima.melakukan kebiasaan membangun pola pikir dan budaya kerja inovatif akan menjadi langkah awal bagi ASN.dalam mengambil langkah kongkrit untuk meajukan Palas ini’, terang wabup.

Lanjut Zarnawi: perlu kami sampaikan capaian pembanunanfisik pada tahin 2020 sesui data sekretaris daerah Palas bersumber dari alokasi umum (DAU), Dana alokasi khusus (DAK) ,dan cadangan dak dengan nilai sebesar Rp.55.781.959.933. Secara garis besar pembangunan infrastruktur ini meliputi, pembangunan jembatan, dan jaringan irigasi dari dinas pekrjaan umum.pembangunan ruang kelas baru serta loboratorium komputer dn pabotnya dari dinas pendidikan dan kebudayaan,Bantuan kualitas rumah secara swadayadi kawasan permukiman kumuh dari dinas perumahan rakyat kawasan permukiman dan perhubungan,Pembangunan ruang baru puskesmas dan penyediaan instalasi pengelolaan air limbah dari dinas kesehatan Palas, dan Pengadaan sumur bor dan pengadaan travo listrik dan perlengkapan dari dinas kepemudaan olahraga dan prawisata”, imbuh Zarnawi..

Harapa Wabup’, Di kesempatan ini saya berharap, seluruh elemen masyarakat Palas terus mempertahankan dan meningkatkan dukungan, perhatian dan kerjasama dalam menyukseskan pembangunan daerah di berbagai bidang , karena penyelenggaraan pemerintahan da prokram pembangunan daerah tidak akan berjalan dengan baik, apabila tidak di dukung oleh segenap elemen masyarakat’, kata Wabup.

Diahir acara Wabup mengatakan”, Pada kesempatan kali ini saya sekali lagi berharap, marilah kita sama sama satukan tekat membangun ,sehingga visi dan misi kita kabupaten Padang lawas menjadikan masyarakat yang beriman,cerdas, sehat, sejahtera dan berbudaya (BERCAHAYA) dapat terwujud. Semoga Alloh swt, tuhan yangbmaha kuasa, memberikan rahmat dan hidayahnya kepada kita semua,dan senantiasa menganugerahi kita segala kebaikan dan riddho, serta di lindunginya kita dari segala marabahaya dan benca dari setiap langkah kita.Amin amin amin,’ tutup Wabup Zarnawi Pasaribu.

Peringatan Hari Jadi kabupaten Padang lawas ke-14 ini, Pemnerian bingkisan dan cenra mata pada tokoh pemekaran serta tali asih kepada pensiunan ASN di lingkungan pemkab Palas, di lanjutkan fhoto bersma dan disertai pemotogan nasi tumpeng serta wabup menyuapi Salah satu Tokoh pemekaran H Risim sebagai lambang ke akraban dan hormat kepada para tokoh yang telah berjuang demi kemajuan dan kemakmuran masyarakat bumi Padang lawas yang kaya dan subur ini.

|Reporter : A.Salam srg.

loading...

Komentar Facebook

Related Posts