Berita Daerah

Buka Sumur T-02, PT SMGP : Sudah Ada Kesepakatan Dengan Masyarakat

Madinapos.com – Puncak Sorik Merapi

Perusahaan Panasbumi PT Sorik Marapi Geothermal Power (SMGP) telah melakukan pembukaan Sumur T-02, dilakukan sesuai dengan standar operasional yang berlaku dan telah disosialisasikan kepada masyarakat sekitar sejak tanggal 29 April 2021.

Syahrini, mewakili menejemen PT SMGP kepada wartawan Senin (3/5/2021) lalu mengatakan sebelum memulai kegiatan tersebut pihak perusahaan dan masyarakat sudah ada kesepakatan pada tanggal 2 Mei 2021, PT SMGP juga telah melakukan pembahasan mengenai kompensasi lahan dengan warga sekitar.

“Pembahasan tersebut berjalan tanpa ada hambatan dan kedua pihak mencapai kesepakatan pada hari Senin (3/5/2021). serah terima kompensasi tersebut akan dilakukan pada hari Kamis dan Jumat,” ujar Syahrini.

Lebih lanjut Syahrini mengatakan dalam pembukaan sumur tersebut berjalan  aman dan lancar,”kegiatan buka sumur dimulai pada pukul 17.00 Wib dan berlangsung selama 10 menit. Selama proses sumur dialirkan ke silencer, tidak terdeteksi H2S pada seluruh H2S detector yang ada di lokasi dan kegiatan berjalan lancar,”katanya

Disampaikannya, kegiatan sosialisasi buka sumur dilakukan secara bertahap kepada masyarakat sekitar dan Pemerintah Mandailing Natal maupun di tingkat desa.”Pengumuman disebarkan sejak tanggal 29 April 2021 kepada masyarakat sekitar melalui pamphlet yang dipasang di tempat strategis di desa dan  melalui speaker masjid. Pihak keamanan PT SMGP juga berkeliling di desa untuk mengumumkan kegiatan tersebut secara langsung”,ujar Syahini.

“Persiapan kegiatan buka sumur T-02 telah dilakukan sejak tanggal 30 April 2021 dengan melakukan inspeksi pada setiap peralatan dan pengecekan kondisi fasilitas penunjang. H2S detector juga telah terpasangan di lokasi-lokasi dan dipastikan bekerja dengan baik”, sebutnya.

Syahrini juga mengatakan selain itu sejak dua jam sebelum kegiatan buka sumur dilakukan, perusahaan melakukan sweeping pada perimeter 300 meter di sekeliling lokasi well-pad untuk memastikan tidak ada warga yang berada di zona titik aman. (Suaib)

loading...

Komentar Facebook

Related Posts