Pendidikan

MAN 2 Madina Gelar Upgrading Kepengurusan OSIM, Membentuk Jiwa Kepemimpinan dan Kenali Kemampuan Diri

Madinapos.com – Natal.

Madrasah Aliyah Negeri 2 Mandailing Natal menggelar acara Upgrading selama tiga hari berturut-turut. Upgrading ini dilaksanakan di lingkungan madrasah, acara tersebut dimulai pada hari Selasa, (23/03/2021) dan ditutup pada hari Kamis, (25/03/2021). Diikuti 56 siswa yang terdiri dari Ketua dan Wakil Ketua OSIM terpilih tahun 2021-2022 serta beberapa siswa lainnya yang merupakan anggota kepengurusan. Tema diusung adalah “Membangun Jiwa kepemimpinan yang Berintelektual dan memiliki Integritas dalam Memajukan Organisasi”.

Upgrading dimulai dari pembekalan, pembukaan, pemberian materi yang merupakan acara inti, mengadakan kuis dan permainan, serta memberikan ruang bagi siswa untuk menampilkan kreativitas dan kekompakan.

Pemberian materi diisi oleh empat pemateri yang yang sangat mumpuni di bidangnya, dua di antaranya merupakan guru dari sekolah tersebut dan dua orang lagi didatangkan dari luar. Materi yang disampaikan berkisar tentang Pengenalan Diri (Who am I?),  Kepemimpinan dan Manajemen Organisasi, Kemampuan Memecahkan Masalah (Problem Solving), dan Seni Berbicara (Retorika). Ketika acara berlangsung diadakan komunikasi dua arah sebagai pancingan agar siswa mampu menyampaikan pendapat dan berbicara di depan umum, dan harapan tersebut tercapai dengan baik.

Materi yang pertama disampaikan oleh Bapak Riki Wahyudi S. Pd mengenai topik pengenalan diri, Bapak Arianto, SH menyampaikan materi Kepemimpinan dan Manajemen Organisasi, Ibu Hindrayani, S. Pd memberikan materi Seni Berbicara, sedangkan materi Memecahkan Masalah disampaikan oleh Bapak Zulfrinsyah, S. Ag. Semua peserta begitu antusias mendengarkan. Ketika diberi kesempatan berbicara, mereka terlihat berebut mengacungkan tangan untuk menyampaikan pendapatnya masing-masing.

Ibu Nelli Yani, S.Pd.I selaku WKM Kesiswaan sekaligus Pembina OSIM menyampaikan bahwa kegiatan tersebut ditujukan sebagai wadah pengkaderan bagi siswa untuk mendapat bekal kepemimpinan dan cara berorganisasi yang baik. “Dasar pemikiran diadakannya acara upgrading ini, sebagai salah satu program kerja OSIM, dan melalui upgrading ini, diharapkan para siswa mampu membentuk diri, menanamkan jiwa kepemimpinan, bisa menyelesaikan masalah dan mampu berorganisasi dengan baik,” ujar beliau di hadapan kepala madrasah dalam laporannya selaku Ketua Pelaksana pada Rabu, 24/03/2021.

Beliau juga menambahkan, tujuan acara ini adalah agar peserta yang notabenenya pengurus OSIM mampu mengelola dan memberdayakan OSIM sebagai penggerak dan pelopor pelaksanaan seluruh rangkaian kegiatan siswa di MAN 2 Mandailing Natal sesuai dengan kemampuan masing-masing.

Sementara itu, Bapak Rahmuddin, M.Si selaku kepala madrasah juga menegaskan, bahwa acara upgrading ini dilaksanakan bukan sebagai ajang gaya-gayaan melainkan memiliki makna dan tujuan yang lebih daripada itu. Beliau berharap agar siswa mengikuti acara tersebut dengan serius sehingga tujuan diadakannya acara tersebut dapat tercapai dengan baik. Beliau juga berharap agar acara tersebut akan terus berlanjut dan menjadi lebih baik lagi di masa yang akan datang.

Seluruh rangkaian acara berlangsung dengan sukses, tetap mengikuti protokol kesehatan, dan target dari kegiatan tercapai sesuai harapan. Pada akhir acara penutupan, diadakan sesi pemberian penghargaan bagi dua siswa terbaik dan tiga kelompok terbaik yang diserahkan oleh panitia dan instruktur acara.(AM/RY.Ita)

loading...

Komentar Facebook

Related Posts