Berita Daerah

Sasar Petugas Publik, Giliran Personel TNI Vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Panyabungan Jae

Madinapos.com – Panyabungan.

Usai tenaga medis, memasuki vaksinasi tahap II ini, Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal (Madina) melalui Dinas Kesehatan menyasar petugas publik dan kini giliran Anggota TNI menjalani vaksinasi Covid-19 ini di Puskesmas Panyabungan Jae, Rabu (24/3/21).

Kepala Puskesmas Panyabungan Jae, dr Yulinda Nehri Lubis, mengatakan hari pertama pada program vaksinasi tahap kedua ini, Puskesmas Panyabungan Jae mengawalinya dari anggota TNI. Namun sesuai dengan kapasitas, hanya 40 sampai 50 orang saja perharinya yang direncanakan selesai selama tiga hari.

“Jumlah vaksin yang kita terima sesuai dengan jumlah data personel. Ini vaksinasi tahap II, setelah selesai kami akan lanjut ke sasaran berikutnya. Namun masih diprioritaskan dulu ke petugas publik,” sebutnya.

Lebih lanjut dr Yulinda Nehri mengatakan petugas publik ini duluan di kasih vaksin karena setiap harinya akan melaksanakan kewajibannya dalam melayani masyarakat banyak.

“Gimana mau melayani masyarakat kalau petugasnya masih rentan terhadap Covid-19, belum di kasih anti bodi yang  yang bisa melawan virus tersebut, makanya pemerintah mengutamakan dulu petugas publik yang di kasih Vaksin agar nantinya bisa memberikan pelayanan yang baik pada masyarakat,”ucapnya

dr.Yulinda Nehri juga mengatakan, sebelum divaksin wajib di screaming dan pemeriksaan fisik sederhana. Diantaranya suhu tubuh, tekanan darah dan menanyakan riwayat penyakit yang diderita pasien. Hal ini ada batasannya selagi masih terkontrol.

“Di tahap II ini, lansia dan ibu menyusui juga akan menyusul, namun belum untuk kita di kabupaten. Dalam penelitian terbaru lansia dan ibu menyusui aman untuk divaksin kecuali ibu hamil,” ungkapnya.

Vaksin ini bertujuan untuk mengurangi angka kesakitan dan kematian akibat Covid-19. Tujuannya pun jauh lebih bermanfaat dari efek samping yang diakibatkannya, “Marilah pers untuk saling besinergi dalam mengedukasikannya ke masyarakat untuk divaksin, tidak harus merasa khawatir,” ajaknya.(Suaib)

loading...

Komentar Facebook

Related Posts