Berita Daerah

Wagub Ijeck Terkesan Produk Ekraf Binaan Bupati Madina Berbahan Baku Pohon Kelapa

Madinapos.com – Panyabungan.

Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara Musa Rajekshah (Ijeck) disela-sela kunjungan kerjanya ke Kabupaten Mandailing Natal, terlihat cukup terkesan ketika diperkenalkan beberapa kerajinan tangan dari bahan sisa akar kayu kelapa (bonggol kelapa) yang telah diolah sedemikian rupa menjadi produk bernilai ekonomis tinggi, merupakan produk Ekonomi Kreatif (Ekraf) binaan langsung Bupati Madina Drs. H. Dahlan Hasan Nasution, di Taman Raja Batu (TRB) Block D Selasa (23/02/2021).

Sobir Lubis, selaku pendamping pengrajin produk Ekraf tersebut mengatakan seluruh bahan kerajinan ini terbuat dari batang kelapa yang tumbang lama hingga ke akarnya atau bonggolnya yang kemudian dibuat sedemikin rupa menjadi barang-barang kebutuhan rumah tangga seperti piring, sendok, mangkuk dan hisasan dinding,” ini terbuat dari pohon kelapa yang sudah lama tumbang dan diolah diantaranya produk rumah tangga dan bernilai ekonomis tinggi”, ungkapnya.

“Semua merupakan arahan dan bimbingan dari Bapak Bupati kepada para pengrajin ini agar ini nantinya bisa meningkatkan ekonomi rumah tangga dan UMKM ini akan bersinegi dengan Pemerintah Daerah dalam membantu pemasarannya”, ucap Anggota DPRD Madina dari Partai Golkar ini.

Wagub Ijeck pada kesempatan tersebut mengatakan sangat mendukung langkah pembinaan ekonomi krearif dari Bupati Madina dengan menghasilkan produk kerajinan yang terbuat dari bahan yang ada dialam atau kembali kealam yang tidak ada unsur kimianya,”saya Suprise juga, nggak nyangka saya, Kabupaten Mandailing Natal bersama bupati Madina membangun ekonomi kreatif bersama masyarakat”, ucapnya.

“Ini yang saya lihat dari pokok batang kelapa yang telah lama tumbang, di tengah Pandemi ini banyak orang yang kembali ke alam, ini higienis sekali, terlihat tidak ada unsur kimianya dan pake pewarna alami, selain nanti hasil UMKM ini dipasarkan di pasar domestik, tapi bisa juga di pasarkan di Pasar Nasional”, kata Ijeck sapaan akrabnya tersebut.

Wagub juga menyampaikan mendukung langkah dari Bupati Madina untuk bisa mengembangkan Ekonomi Kreatif ini karna bisa membuka lapangan kerja baru pada masyarakat sehingga bisa mengangkat perekonomian yang ada di Madina pasca Pandemi ini. (Suaib)

loading...

Komentar Facebook

Related Posts