Berita Daerah

PT. SMGP Akan Beroperasi Kembali, Pesan Bupati Madina : Jangan Sampai Terulang Kembali Kesalahan Yang Sama

Madinapos.com – Mandailing Natal.

Pemerintahan Kabupaten Mandailing Natal (Madina) dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) menggelar pertemuan untuk menindaklanjuti surat dari Kementrian ESDM Republik Indonesia (RI) melalui Surat tertanggal 19 Februari 2021 dengan Nomor Surat : T348/EK.04/DEP.T/2021 dengan isi surat Pemberian Persetujuan Permohonan PT. SMGP untuk memulai kembali sebagian aktivitas perusahaan panas bumi tersebut.

Bupati Madina dalam sambutannya menegaskan kepada pihak perusahaan agar tidak mengulangi kesalahan yang sama seperti sebelumnya. Bahkan Dahlan mengaku siap menerima resiko apapun jika nantinya harus bertentangan dengan PT SMGP, ” jangan sampai terulang lagi kesalahan yang sama, saya siap berhadapan dengan siapapun dan resiko apapun jika PT. SMGP tidak mengindahkan peraturan,” tegas Dahlan di Aula Rapat Kantor Bupati Senin (22/2/2021) pagi.

“Mulai besok pihak perusahaan harus melakukan sosialisasi dan menyiapkan MOU antara Masyarakat dengan perusahaan agar bersama-sama melakukan perbaikan dan berbenah atas segala kekurangan masing-masing, dan diharapkan pada perusahaan agar memenuhi permintaan masyarakat yang masih dianggap wajar dan agar segera memenuhinya”, tegas Dahlan.

Dahlan juga menegaskan sebelum langkah – langkah sosialisasi dan kesepakatan dengan warga dilakukan perusahan sebaiknya tidak beroperasi dulu,” sosialisasi kepada masyarakat harus disegerakan, mulai besok harus sosialisasi, tidak ada tawar menawar, libatkan semua elemen dan masyarakat, sebelum semua langkah-langkah tersebut dilakukan perusahaan, saya mengatakan agar jangan beroperasi dulu, selesaikan dulu semuanya baru saya beserta Pemda Mandailing Natal mengizinkan perusahaan beroperasi”, tegasnya.

Bupati juga meminta perusahaan menghormati langkah-langkah yang akan dilakukan oleh DPRD Madina karena desakan masyarakat untuk membentuk Panitia Khusus (Pansus) SMGP,” Kita meminta agar semua pihak terutama masyarakat agar tidak mudah terprovokasi dengan isu miring yang beredar dan perlu diketahui dalam waktu dekat, DPRD Madina akan mengadakan Panitia Khusus (Pansus) untuk menindak lanjuti persoalan tersebut, untuk itu mari kita hormati proses yang ada serta hasilnya nanti,” ucapnya.

Eddyanto Kepala Tekhnik Panas Bumi PT. SMGP menerangkan perusahaan direncanakan memulai aktivitasnya kembali pada 25 Pebruari 2021 mendatang. Adapun unit yang diizinkan untuk beroperasi yaitu PLTP WKP Sorik Marapi Unit 1 (45 MW) Roburan Sampuraga dengan kegiatan operasional 2 unit rig pengeboran panas bumi. PT SMGP juga bertanggung jawab penuh untuk memastikan kegiatan operasional tersebut telah memenuhi seluruh ketentuan dan prosedur keselamatan panas bumi.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Plus, Pihak PT SMGP, Camat Puncak Sorik Marapi, serta Kepala Desa Sibanggor Julu, Kepala Desa Sibanggor Jae dan beberapa tokoh masyarakat di Wilayah Kerja Panas Bumi (WKP) tersebut.(Suaib)

loading...

Komentar Facebook

Related Posts