Desa Kita

Camat Buka Rakor Evaluasi DD 2020 dan Perencanaan RKPDES 2021 Kecamatan Panyabungan

Madinapos.com – Panyabungan.

Rapat kordinasi (RAKOR) tentang Evaluasi Dana Desa Tahun Anggaran (TA) 2020 sekaligus Perencanaan RKPDES T.A 2021 Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal bertempat di MDA Desa Gunung Tua Lumban Pasir pada Kamis (21/01/21).

Camat Panyabungan Mhd. Idris Batubara mengatakan Rakor ini adalah hal yang rutin dilaksanakan bertujuan membahas Evakuasi Dana Desa T.A 2020 dan Perencanaan RKPDES T.A 2021 terutama untuk penyusunan dan Memusyawarahkan kembali jumlah Penerima Manfaat di Desa masing-masing karena sewaktu-waktu bisa bertambah atau pun berkurang.

“Dan harapan saya di akhir Januari ini kita sudah bisa mengusulkan Pencairan Dana Desa tahap Pertama biar BLT DD dapat segera di cairkan pada masyrakat Penerima manfaat”.kata Idris

Ditempat yang sama Andi pendamping kecamatan mengatakan rapat Koordinasi Kecamatan adalah hal yang rutin dilaksanakan yang di Prakarsai oleh Pemerintah Kecamatan yaitu Camat dan Tim Pendamping Desa di wilayah Kecamatan Panyabungan.

Lanjut Andi tentang materi yang di bahas meliputi : 1. Evaluasi Pelaksanaan dan Pelaporan Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa, hal ini untuk memonitoring bahwa pelaksanakaan dan pelaporan berjalan dengan baik. 2. Terkait Badan Usaha Milik Desa, karena di kecamatan Panyabungan ada sekitar 21 BUMDes dimana nantinya BUMDes ini berjalan dan semakin meningkat setiap tahunnya. 3. Perencanaan dan Percepatan untuk tahun 2021 sebagai Pendamping dan juga camat telah memberikan pandangan strategi terkait tahun 2021 salah satunya supaya Pemutakhiran Data Penerima BLT DD supaya secepatnya dituntaskan melalui Perkades.

“Musyawarah-Musyawarah Desa segera mengingat Permendes Prioritas Dana Desa Sudah ada yaitu Permendes 13 Tahun 2020 dan SDGs Desa merupakan role pembangunan berkelanjutan yang akan masuk dalam program prioritas penggunaan Dana Desa Tahun 2021”.kata Andi.

Acara turut di hadiri oleh kepala Desa se Panyabungan dan beberap Staf kantor camat Panyabungan serta dihadiri juga Pendamping Kecamatan (PK) dan Pendamping Lokal Desa(PLD). (AM. Suaib)

loading...

Komentar Facebook

Related Posts