Menu

Mode Gelap

Sosial

IMAKOPASID- USU, POLMED, IPDN Lakukan Kegiatan Bhakti Donor Darah


					IMAKOPASID- USU, POLMED, IPDN Lakukan Kegiatan Bhakti Donor Darah Perbesar

Madinapos.com – Padangsidimpuan.

Sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat, di masa pandemi Covid-19 ini, sebanyak 40 orang mahasiswa Kota Padangsidimpuan melakukan kegiatan Bhakti Donor Darah, Mahasiswa tersebut tergabung dari Ikatan Mahasiswa Kota Padangsidimpuan Universitas Sumatera Utara (IMAKOPASID USU) POLMED, Mahasiswa Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) dan MRI (Masyarakat Relawan Indonesia). Kegiatan ini berlangsung UTD PMI jalan FL.Tobing Padangsidimpuan, Sabtu (16/1/2021).

Pada kesempatan tersebut Ketua IMAKO PASID USU-POLMED, Dodi Peradile mengatakan bahwa dasar Donor Darah ini mereka lakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat. “ di masa pandemi Covid-19 ini, kami meyakini bahwa UTD PMI membutuhkan persedian darah. Untuk itu IMAKOPASID USU-POLMED mengajak teman teman se angkatan saat SMA untuk membantu masyarakat melalui Bakti Donor Darah” ucap Dodi.

Lebih jauh Dodi Peradile mengatakan bahwa saat ini mereka melaksanakan perkuliahan secara daring, sehingga mereka ada di Kota Padangsidimpuan.

Kemudian mereka berkomunikasi dengan teman teman satu angkatan dari berbagai SMA untuk melakukan donor darah. “ setelah berkoordinasi dengan PMI Kota Padangsidimpuan dan UTD PMI Kab. Tapanuli Selatan, maka hari ini kita anak anak Padangsidimpuan yang kuliah di USU dan IPDN melaksanakan donor darah ini” ujarnya.

Hadir pada kesempatan tersebut Ketua PMI Kab. Tapanuli Selatan Drs. M. Sarjan Lubis, Sekretaris H.Marasakti Harahap,S.Sos dan Staf Markas, Wakil Ketua PMI Kota Padangsidimpuan Bidang Penanggulangan Bencana, Nasruddin Nasution dan staf Markas. Pelaksanaan donor darah di bawah pengawasan dr. H. Taslim Hasan.

Mengingat Penerapan physical distancing dan pembatasan aktivitas di luar rumah sejak wabah COVID-19 membuat banyak kegiatan donor darah terhenti. Hal ini menyebabkan stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) berkurang secara drastis, padahal kebutuhan transfusi darah tidak menurun.

Menyikapi hal ini, Ketua PMI Kab. Kab. Tapanuli Selatan Drs. M. Sarjan Lubis mengatakan “Anda tidak perlu khawatir untuk mendonorkan darah, karena protokol donor darah yang ditetapkan di Indonesia sudah dipastikan memenuhi standar keamanan. Bila Anda merasa sehat dan berniat untuk mendonorkan darah, hubungilah dulu PMI atau rumah sakit terdekat yang melayani donor darah”.ucapnya.

Sementara itu Ketua PMI Kota Padangsidimpuan H.Letnan Dalimunthe yang diwakili Wakil Ketua Bidang Penangggulangan Bencana Nasruddin Nasution yang biasa di sapa Anas mengatakan, Dengan mendonorkan darah, secara tidak langsung Anda menyelamatkan nyawa orang lain.

Berbuat sesuatu untuk orang lain dengan niat yang baik memiliki dampak positif untuk kesehatan mental maupun fisik. Sebuah studi bahkan mengatakan bahwa orang yang secara sukarela berkorban untuk orang lain memiliki risiko kematian yang lebih rendah.

“Kewaspadaan memang perlu ditingkatkan saat pandemi virus Corona seperti sekarang ini. Namun, jangan sampai kita tidak peduli terhadap keadaan sesama kita. Usahakanlah untuk tetap membantu satu sama lain dengan cara yang sederhana sekalipun” kata Anas. (*/Andy Hsb)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 157 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Hari Ke 2 Berbagi Takjil Ramadhan 1445 H, Ketua MPC PP Madina Harapkan Solidaritas Makin Kuat

20 Maret 2024 - 00:24

Komunitas Pers (Kompersa Madina) Berbagi Takjil Ramadhan 1445 H di Seputaran Kota Panyabungan

18 Maret 2024 - 04:37

Semangat Ramadhan 1445 H, Polsek Siabu Gelar Bakti Sosial di Mesjid Raya Nurul Huda

10 Maret 2024 - 19:28

Jelang Bulan Suci Ramadhan 1445 H, Kapolsek Kotanopan Berbagi Dengan Anak Yatim

10 Maret 2024 - 12:36

Terdampak Banjir, Desa Rambah dan Sai Kumango Mendapat Batuan Dari PT. SSL

22 Januari 2024 - 13:44

Camat Bukit Malintang Bersama Kades Bange Berangkatkan Mayanti Berobat Ke RSUD Panyabungan

15 Desember 2023 - 15:16

Trending di Sosial