Menu

Mode Gelap

Berita Daerah

Pjs. Bupati Madina Lakukan Penanaman Bawang Merah Perdana di Desa Runding


					Pjs. Bupati Madina Lakukan Penanaman Bawang Merah Perdana di Desa Runding Perbesar

Madinapos.com – Panyabungan.

Pjs. Bupati Mandailing Natal Ir H. Dahler Lubis A.AM melakukan penanaman perdana tanaman bawang merah di kebun salah seorang petani di Desa Runding Kecamatan Panyabungan Barat Kabupaten Mandailing Natal, Selasa (29/09/2020).

Dahler mengatakan Provinsi Sumatera Utara hingga bulan September masih tetap kekurangan pasokan bawang merah,” kebutuhan bawang merah untuk wilayah Provinsi Sumatera Utara sebanyak ± 43.000 Ton, sementara sektor pertanian bawang merah Sumatera Utara baru dapat menghasilkan ± 25.000 Ton dan (57%) dari angka itu dapat diketahui bahwa Provinsi Sumatera Utara masih kekurangan pasokan sebanyak ± 18.000 Ton atau sekitar 43%”, ungkapnya.

Dahler juga mengatakan untuk menjawab kekurang kebutuhan bawang merah di Prov. Sumatera Utara akan digalakkan sektor pertanian bawang merah di Kabupaten Mandailing Natal tepatnya di Desa Runding dan diharapkan akan dijadikan percontohan sentra pertanian Bawang Merah,” selain menjadi Desa Percontohan Sentra Pertanian Bawang Merah, Desa Runding Kecamatan Panyabungan Barat Kabupaten Mandailing Natal ini juga sudah terdapat Kebun Pepaya seluas ± 30 Hektare, dan yang menjadi catatan penting petani Pepaya Calina di Desa Runding sebahagian besar merupakan penambang emas tradisional yang beralih profesi sebagai Petani Pepaya Calina”, tambahnya.

Pada kesempatan tersebut, Pjs Bupati juga mempertanyakan keadaan harga pepaya calina kepada salah seorang petani pepaya calina dan mendapat penjelasan harga saat ini Pepaya Calina sedang mengalami penurunan.”Pada kondisi saat ini Pepaya Calina dihargai Rp 1.300,-/Kg dimana sebelumnya petani dapat menjual Pepaya Calina seharga Rp 3.500,-/Kg dan kondisi ini masih bisa bertahan”, ungkap Azwar Pulungan,

Selain melakukan penanaman perdana Bawang Merah di Desa Runding Kecamatan Panyabungan Barat, Pjs Bupati Mandailing Natal juga menyerahkan bantuan Alat Pertanian Multivator dan bantuan benih bibit Bawang Merah kepada Kelompok Tani Mutiara Desa Runding Kecamatan Panyabungan Barat. (Syahren).

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 33 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Kasat Binmas Polres Palas Beri Penyuluhan di Sekolah MTSN 1

19 Juli 2024 - 19:41

Camat Siabu : Kegiatan Jum’at Bersih Memperkuat Silaturahmi Antar Instansi

19 Juli 2024 - 11:55

Nurul, Siswi Berprestasi Asal Lingga Bayu Mengaku Bangga Ketemu Bupati Madina

18 Juli 2024 - 23:10

Pj. Walikota Padangsidimpuan Terima Audensi Pengurus PWI Tabagsel

18 Juli 2024 - 23:02

Kades Ujung Batu I Palas Terima Mahasiswa KKL Dari IAIPL

18 Juli 2024 - 21:59

Pj. Walikota Hadiri Rapat Paripurna DPRD Kota Padangsidimpuan

18 Juli 2024 - 14:03

Trending di Berita Daerah