Berita Daerah

Bupati Pimpin Upacara HUT Ke 13 Kabupaten Padang Lawas

Madinapos.com – Palas.

Bupati Padang Lawas H. Ali Sutan Harahap memimpin upacara Hari Ulang Tahun Kabupaten Padang Lawas Prov Sumatera Utara yang ke 13 yang dilaksanakan di Lapangan Upacara Halaman Kantor Bupati Padang Lawas pada Jumat (17/7). Thema, Kita Wujudkan Masyarakat Yang Mandiri, Maju dan Kreatif di Tengah Tantangan New Normal Dengan Mengembangkan Potensi Daerah Untuk Mencapai Padang Lawas Beriman, Cerdas, Sehat dan Berbudaya (BERCAHAYA).

Upacara turut dihadiri Wakil Bupati Padang Lawas drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu MM.MS.i.CHt. Ketua DPRD Amran Pikal Siregar didampingi wakil ketua Irsan Bangun Harahap, Sahrun Hasibuan serta anggota DPRD lainnya. Disamping itu hadir juga Kapolres, utusan Dandim, Ketua Pengadilan Negeri, Ketua Pengadilan Agama, Ketua MUI, Kepala Kejaksaan, Para Pimpinan OPD Palas, para Camat se- Palas, para tokoh pemekaraan dan undangan lainnya.

H. Ali Sutan Harahap dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasi atas partiisipasi semua yang terlibat di dalam perjuangan pemekaaran dan dukungan atas segala bentu untuk memajukan Kabupaten Padang Lawas ini,” Hari jadi Kabupatan Padang Lawas ke 13 kali ini  momentum mewujudkan masyarakat yang mandiri, maju dan kreatif di tengah tantangan new normal dengan mengembangkan potensi daerah untuk mencapai Padang Lawas Beriman, Cerdas, Sehat dan Berbudaya (BERCAHAYA).”,ujar Bupati.

“Hendaknya HUT Ke 13 ini menginspirasi semua pihak untuk bersama sama berperan dan memaknai perjuangan pembangunan daerah ini dengan karya dan prestasi, dalam rangka meraih kemajuan kemandirian dan masyarakat yang bermartabat dengan kearipan lokal”,katanya.

Lebih lanjut Bupati mengatakan kini empat bulan sudah berperang melawan Pandemi Covid 19 yang menyiasati exspansi covid 19, dengan strategi untuk hidup berdampingan dengan covid 19 demi menjaga masyarakat dan negara, sehingga saat ini kehidupan new normal menjadi pilihan.

Sampai dengan kemarin tanggal 16 Juli kasus Covid 19 di negara kita ini secara nasional yaitu adalah positif  corona  mencapai angka 81.668 orang sembuh 40.345 orang dan meninggal dunia 3.873.orang dan sedangkan di daerah kita ini ( Palas ) ada tiga kasus, satu sembuh, satu meninggal dan satu dalam perawatan di Kota Medan.

Disaat Covid 19 di Indonesia menunjukkan cluster baru, fase new normal di berlakukan karena tak mungkin masyarakat beraktifitas di dalam rumah tanpa ada kepastian berahirnya covid 19 ini. New normal di berlakukan untuk mensetabilkan aktifitas sosial, ekonomi yang sudah terhenti dan dalam mengurangi angka kemiskinan dan PHK hingga menjaga krisis.

Pemerintah telah melakukan langkah langkah yang strategis dalam menekan penyebaran Covid 19 di Kabupatan Padang Lawas, di antaranya adalah melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 menganggarkan dana tak terduga sebanyak Rp.35 milyar serta dana refocusing anggaran Rumah Sakit dari dana DAK sebesar Rp.5 milyar dan dari APBD Rp.1.049.000.000.dan pengadaan rapit tes serta mendirikan posko di setiap perbatasan yang bersetuhan dengan luar daerah

“Ini sebagai langkah kongkrit yang kita lakukan”, ungkapnya.

Sebagai tambahan Bupati menyampaikan kesempatan ini mengajak seluruh elemen masyarakat terus mempertahankan dan meningkatkan dukungan perhatian serta kerja sama dalam meyukseskan pembangunan daerah Kabupatan Padang Lawas ini.

Di akhir acara Bupati Padang Lawas H.Ali Sutan Harahap memberi tali asih kepada para tokoh pemekaran sebagi bentuk penghargaan yang telah bersusah payah dan berkorban demi pemekaran kabupaten pemekaran dari Tapanuli Selatan pada thn 2007 yang lalu. (A.Salam Sregar).

loading...

Komentar Facebook

Related Posts