Berita Daerah

Antisipasi Ketersediaan Pangan di Bulan Ramadhan, Wabup Palas Tinjau Gudang Bulog Hutalombang

Madinapos.com – Palas.

Dalam mengantisipasi ketersedian kebutuhan bahan pokok, salah satunya beras selama bulan Ramadhan dan Lebaran Idul Fitri serta dalam memenuhi kebutuhan masyarakat menghadapi situasi global virus corona disease (Covid 19). Wakil Bupati Padang Lawas, drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, Cht. MM.M.Si bersama OPD terkait tinjau ketersedian beras di Gudang Semi Permanen Bulog Hutalombang, Kecamatan Lubuk Barumun, Kabupaten Padang Lawas, Provinsi Sumateta Utara.

“Kita melihat langsung ketersedian stok beras di dalam gudang Bulog saat ini sebanyak 300 ton dan ini cukup untuk persediaan kebutuhan bahan pokok masyarakat selama bulan puasa dan lebaran,” sebut Wabup didampingi Kadis Pertanian Thamrin Harahap dan Kadis Sosial Bustami Harahap, Rabu (22/4/2020).

Wabub juga menyampaikan hasil pengecekan beras di Gudang Semi Permanen (GSP) Bulog, Desa Hutalombang, cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Melihat kondisi virus corona, Wabup berharap, Bulog harus membatasi pembelian beras dan gula dalam jumlah skala besar di GSP Bulog Hutalombang,” ini kita sarankan supaya mengantisipasi para pembeli yang ingin menimbun atau memanfaatkan situasi dengan mengambil keuntungan lebih dalam suasana Covid 19 atau di bulan Ramadhan,” ungkapnya.

Lebih Wabub Zarnawi mengatakan, pengecekan ketersedian stok beras bertujuan untuk menilik ketersediaan bahan pokok seperti beras yang sangat dibutuhkan masyarakat untuk memenuhui kebutuhan pokok agar tidak terjadi kekosongan di daerah in sehingga kehidupan jadi stabil dalam menghadapi situasi seperti sekarang ini,” kita berada dalam ancaman covid 19 dan kita perlu melakukan terobosan dan dengan demikian pihak Bulog harus mengantisipasi pembelian dalam jumlah besar agar tidak terjadi penimbunan, tetapi salurkan sesuai kebutuhan masyarakat,”ujar zarnawi.

Sementara itu, Kepala GSP Hutalombag Hidayat diwakili Stafnya Rian Rezeki Tarigan memaparkan, persediaan stok beras di gudang bulog untuk warga Palas diperkirakan cukup untuk tiga bulan kedepan. Rian menjelaskan, rincian saat ini stok beras bulog sebanyak 300 ton. Sedangkan yang masih dalam perjalanan proses pengiriman menuju gudang Bulog Hutalombang sebayak 200 ton lagi.Perkiraan stok beras untuk tiga bulan kedepan masih cukup. Karena total yang tersedia berjumlah 500 ton. Sedangkan untuk kebutuhan beras untuk masyarakat per bulan di Kabupaten Palas hanya sekitar 110 ton normal,” jelas Rian.

“Selain beras, stok gula juga telah dipersiapkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat saat ini gula tersebut masih dalam perjalanan proses pengiriman menuju gudang yang jumlahnya sekitar 50 sampai 100 ton,” terangnya.

Rian menambahkan, Untuk harga beras saat ini, bervariasi mulai dari Rp 8.600 hingga Rp 10.000/kilogram. Hal itu sesuai dengan jenis beras yang ada di gudang Bulog. Sedangkan untuk gula putih saat ini kisaran harga Rp 12.000 kg, semoga saja Padang Lawas aman dari kekhawatiran masyarakat tantang kekurangan bahan pokok di tengah wabah yang melanda dunia saat ini .(A.Salam Siregar)

loading...

Komentar Facebook

Related Posts