Berita Daerah

Pemkab Tapsel Berhasil Kembali Raih Opini WTP Enam Kali Secara Berturut-turut

Madinapos.com – Tapsel.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapanuli Selatan (Tapsel) berhasil kembali meraih penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) enam kali secara berturut-turut dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sumut pada Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran (TA) 2019.

Penyerahan penghargaan hasil pemeriksaan laporan keuangan pemerintah daerah Kabupaten Tapsel TA. 2019 dilakukan secara simbolis oleh Ketua BPK RI Perwakilan Sumut, Eydu Oktain Panjaitan melalui surat elektronik kepada Bupati Tapsel H. Syahrul M Pasaribu, SH dan Ketua DPRD Tapsel Husin Sogot Simatupang, melalui video conference (vidcon) di ruang rapat Sekda Tapsel, Senin (20/4/2020).

Dengan diterimanya predikat ini, maka tercatat Pemkab Tapsel di bawah kepemimpinan Bupati dua periode H. Syahrul M Pasaribu, SH, secara periodik telah enam kali berturut-turut (2014-2015-2016-2017-2018 dan 2019) menerima Opini WTP dari BPK-RI.

Ketua BPK RI Perwakilan Sumut, Eydu Oktain Panjaitan dalam sambutannya mengatakan, Pemkab Tapsel telah menerima penghargaan opini WTP sebanyak enam kali secara berturut turut. Penganugerahan penghargaan tersebut diterima Pemkab Tapsel pada TA. 2014, 2015, 2016, 2017, 2018 dan 2019.

Eydu mengapresiasi kerja keras dan komitmen Pemkab Tapsel yang berhasil mempertahankan opini WTP sebanyak enam kali berturut-turut. Katanya, prestasi yang diraih oleh Pemkab Tapsel juga berkat dukungan yang sungguh-sungguh dari DPRD Tapsel.

Eydu berharap, prestasi yang telah diraih dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan kedepannya. Kepada Bupati Tapsel, Eydu menekankan supaya lebih dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dengan diraihnya WTP yang keenam kalinya, Pemkab Tapsel harus semakin peka dengan pelayanan kesejahteraan masyarakat Tapsel, utamanya dalam menghadapi Virus Covid-19.

Disela-sela vidcon Bupati Tapsel H. Syahrul M. Pasaribu, SH meng­ungkapkan, apresiasi setinggi-tingginya ter­hadap semua jajaran Pemkab Tapsel yang selama ini bekerja keras, se­hing­ga mampu melaporkan pengelolaan ke­ua­ngan tepat waktu dan sesuai dengan peraturan perun­dangan-undangan yang berlaku.

Karena sejak audit intern maupun audit reguler kami terus mengawal masing-masing OPD agar tidak salah dalam pengelolaan anggaran baik itu belanja modal maupun belanja barang dan jasa dan itu semua dalam rangka akuntabilitas pertanggungjawaban secara akurat dan baik.

Disamping itu ada 34 entitas dari unsur pemerintah yang diaudit BPK Perwakilan Sumut yaitu 1 Pemprovsu, 33 Kabupaten/Kota dan mungkin baru Pemkab Tapsel lah yang tiga kali berturut-turut didampingi Kantor Akuntan Publik dari Jakarta bersama auditor BPK sehingga bisa meraih WTP enam kali berturut-turut, terang Syahrul.

Sedangkan WTP itu merupakan salah satu tiket untuk berkompetisi dalam mendapatkan dana insentif daerah (DID) yang harus dibarengi dengan keberhasilan lainnya karena tidak semua yang menerima WTP mendapatkan DID kalau tidak dibarengi dengan keberhasilan lainnya, dan pada tahun 2019 ini semua DID sudah diserahkan oleh Menteri Keuangan.

“Terwujudnya Opini WTP hingga enam kali berturut-turut dari BPK-RI ini, tidak ter­lepas dari dukungan semua komponen da­erah seperti jajaran Pemkab Tapsel, DP­RD, Forkopimda serta kerjasama semua pi­hak yang menggunakan anggaran Pem­kab Tapsel tahun 2019,” ungkapnya.

Sedangkan Ketua DPRD Tapsel Husin Sogot Simatupang mengatakan, saya mengucapkan terima kasih kepada BPK RI Perwakilan Sumut yang telah memberikan prestasi terbaik kepada Pemkab Tapsel atas opini WTP pada Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah TA. 2019, ucap Sogot.

Walaupun dalam pemeriksaan ini masih ada catatan-catatan yang mungkin belum sempurna dalam pelaksanaan pengelolaan anggaran. Tentunya ini akan menjadi bahan acuan dalam rangka perbaikan pengelolaan keuangan daerah Tapanuli Selatan.

Semoga dengan prestasi opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang keenam kalinya ini, kami dapat mempertahankannya dan bahkan kami akan tingkatkan untuk yang ketujuh kalinya demi terwujudnya masyarakat Tapsel yang sehat, cerdas dan sejahtera.

Hadir pada vidcon, Sekda Tapsel Parulian Nasution, Sekwan Darwin, Inspektur Imran Siregar, Kaban PKPAD Frananda, Kadis Kominfo Ilyas Pasaribu dan Kabag Humas dan Protokol Isnut Siregar. (Sayuti)

loading...

Komentar Facebook

Related Posts