Menu

Mode Gelap

Madina Bisnis

Cupping Arabika Mandailing Pagar Gunung di Lopo Mandailing Kopi


					Cupping Arabika Mandailing Pagar Gunung di Lopo Mandailing Kopi Perbesar

Madinapos. com – Panyabungan.

Lopo Mandailing Kopi di Panyabungan  menyelenggarakan kegiatan Cupping Kopi Arabika Mandailing Pagar Gunung bersama pegiat kopi Mandailing Minggu (1/9) malam. Kegiatan tersebut bertujuan memperkenalkan citarasa kopi arabika dari Pagar Gunung setelah ditetapkan juara dari segi pengelolaan kebun hingga pasca panen.

Riky, Owner Lopo Mandailing Kopi mengatakan bahwa mereka bersama dengan Kopi Rakyat Indonesia (KRI)  dengan dipandu Yasir Nasution salah seorang seorang Q grader di Mandailing Natal turun untuk menilai kebun yang akan dijadikan standarisasi kebun Kopi Mandailing, sehingga dinyatakan cukup layak dan baik agar dapat diikuti petani lainnya.

” Bagi kami sebagai pegiat kopi di Mandailing tentunya standarisasi itu penting agar pemilik kafe juga terpacu membeli kopi dari kebun yang baik dan tentunya akan meningkatkan harga dari petani pemilik kebun kopi di tanah Mandailing Natal”,sebut Riky.

Sementara itu Yasir Nasution salah seorang senior aktivis kopi di Mandailing Natal mengatakan bahwa penilaian tentang kebun telah dilakukan beberapa waktu yang lalu dan telah diumumkan pemilik kebun kopi arabika Desa Pagar Gunung sebagai yang terbaik ,” tentunya selain kebun yang baik hingga pengelolaan pasca panen memenuhi standard, dan saat ini kita perlu melaksanakan cupping untuk mengetahui citarasa”,  ungkapnya.

“Walaupun dilaksanakan secara sederhana namun penikmat kopi mandailing malam ini akan merasakan atau dapat memberikan penilaian setelah mengcupping kopi arabika terbaik yang kita hadirkan malam”, tuturnya.

Yasir menyebutkan saya memberikan kopi yang gelas pertama dengan scor tinggi karena memiliki citara cukup kuat dan komplit, ” itu mandailing banget”, sebut Yasir mengomentari Kopi Arabika Mandailing Pagar Gunung dihadapan beberapa owner kafe (R.Alq)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 55 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

KUD Maju Bersama Bagikan SHU 777 Peserta

10 Mei 2024 - 11:42

Anggota KUD Kuala Tunak Tabuyung Minta Pengurus Transparan Selama Menjabat 2022 – 2023

30 April 2024 - 14:21

Harga Daging di Pasar Sinonoan Tinggi, Repden Madina : Jelang Lebaran 1445 H Kita Tekan

11 Maret 2024 - 16:00

Harga Daging Kerbau dan Lembu Tinggi, Sebagian Pembeli di Pasar Sinonoan Beralih Ke Ayam Potong

11 Maret 2024 - 09:32

1 H Jelang Ramadhan 1445 H, Harga Daging di Kabupaten Madina Kisaran Rp. 170 Ribu Perkilo

11 Maret 2024 - 08:47

Pengurus KPBML Batahan III Gelar RAT Tahun Buku 2023, Sekaligus Pembagian Pinjaman

8 Februari 2024 - 10:28

Trending di Madina Bisnis