Berita Daerah

Desa Muara Hutaraja Bertekad Menjadi Juara Kategori PT-P2W-KSS

Madinapos. com – Batangtoru.

Camat Muara Batangtoru Erwanta Siaga S. Sos menyatakan tekadnya ingin menjadikan Desa Muara Hutaraja Kecamatan Muara Batang Toru Kabupaten Tapanuli Selatan  Juara dalam Lomba Desa Binaan Tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2018.  Hal tersebut disampaikannya saat menerima kunjungan Tim Evaluasi Desa Binaan Program Terpadu Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (PT. P2W-KSS) Provinsi Sumatera Utara Tahun 2018, Rabu (19/12).

Tim Evaluasi dari Provinsi Sumatera Utara yang datang ke Desa tersebut dipimpin Pribadi Parangin-angin Kabid Kelembagaan Desa Dinas Pemberdayaan Masyatakat Desa Provinsi Sumateta Utara dengan anggota  Drs. H Rukhiyat, Bidasari Daulay,  Fitri Mekarsari Lubis,  dan Doni Siagian SH.

Bupati Tapanuli Selatan H Syahrul M Pasaribu SH yang diwakili oleh Wakil Bupati Tapanuli Selatan Ir. Aswin Efendi Siregar MM mengapresiasi kekompakan warga masyarakat Desa Muara Hutaraja walaupun baru dilanda banjir kiriman dari sungai Aek Sigeaon beberapa waktu lalu tidak mengurangi semangat warga dalam mengikuti pembinaan di desanya, hal tersebut membuktikan persatuan dan kesatuan sudah terjalin baik di Desa ini,”ujarnya.

Begitu juga dengan Tim evaluasi yang baru bisa datang hari ini akibat mengalami kecelakaan saat diperjalanan untuk melakukan evaluasi ke desa Muara Hutaraja beberapa waktu yang lalu,  saya harapkan untuk tidak berkurang semangatnya dalam melaksanakan binaan di Desa Muara Hutaraja ini, “tutur Aswin.

Sementara Ketua TP PKK Kabupaten Tapanuli Selatan Ny. Syaufia Lina Syahrul M Pasaribu SH dalam sambutannya mengatakan Desa Muara Hutaraja sendiri sudah lebih 1,5 tahun dilakukan pembinaan dengan 10 program PKK maupun oleh OPD terkait yang telah mengalokasikan sebahagian kegiatannya untuk Desa ini,”kata Syaufia.

“Kami menyadari apa yang dilakukan oleh PKK Tapsel untuk masyarakat bukanlah berupa bangunan fisik seperti jalan dan jembatan, tapi yang kami lakukan adalah pembinaan yang suistainable (berkelanjutan) dalam merubah mindset (pola fikir) masyarakat agar kedepan Desa ini bisa menjadi desa percontohan di Sumatera Utara untuk menjadi Desa yang mandiri yang masyarakatnya sehat dan sejahtera, “ungkap Syaufia.

Kemudian lanjut Syaufia, Tahun 2018 ini 9 Kategori lomba yang dilaksanakan oleh Dinas PMD Sumatera Utara semuanya diikuti oleh Kabupaten Tapanuli Selatan dan saat ini sudah empat Desa yang masuk enam besar dan empat desa lagi hari ini tinggal mengirimkan kekurangan berkas berupa laporan soft copy desa binaan saja,  sehingga nantinya seluruh Kategori lomba bisa masuk nominasi enam besar dan menjadi juara”ungkapnya.

Kami berharap Tapanuli Selatan dibawah kepemimpinan Bupati Syahrul M Pasaribu dalam mencapai Visi Misinya menjadikan masyarakat yang sehat cerdas dan sejahtera dapat segera terwujud dengan dibantu seluruh stakeholder termasuk para tokoh masyarakat, tokoh agama, Dasawisma dan PKK Desa sebagai perempuan hebat yang merupakan ujung tombak di desa,”pungkasnya.

Tampak hadir dalam kunjungan evaluasi tersebut Kepala BNNK Tapsel AKBP Siti Aminah Siregar, Wakil Ketua TP PKK Tapsel Ny. Nurlian Aswin Efendi Siregar, Sejumlah Pimpinan OPD terkait Desa Binaan, Camat Batangtoru,  Camat Marancar, Camat Angkola Barat, Danramil,  Kapolsek, Kepala Puskesmas Muara Batangtoru,  Kepala Desa,  Tokoh Masyarakat,  Tokoh Agama, Kader Posyandu, Kelompok Lansia, Dasawisma, BKMT dan Karang Taruna Desa Muara Hutaraja.(Mahrizal)

loading...

Komentar Facebook

Related Posts