Berita Daerah

IKANAS Bantu Korban Banjir Mandailing Natal

Madinapos.com – Ulu Pungkut

Bantuan perantau dari Jakarta yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Marga Nasution (IKANAS) senilai Rp. 16.500.000,- (enam belas juta lima ratus ribu rupiah) telah diserahkan di daerah bencana banjir bandang Desa Muara Saladi Kecamatan Ulu Pungkut, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sumut, Jum’at (19/10/2018) siang.

Camat Ulu Pungkut M Johan Lubis didampingi Kepala Desa Muara Saladi Syahruddin pun mengucapkan terimakasih atas kepedulian perantau yang tergabung dalam IKANAS. Penyerahan bantuan ini dipercayakan IKANAS melalui Ketua LBH AL-AMIN Madina M Amin Nasution SH,MH.

Penyerahan bantuan IKANAS ini pun sempat live video streaming WhatsApp dengan Sekjen DPP IKANAS Fahri Nasution dari Jakarta (19/10/2018). Putra kelahiran Desa Kayu Laut ini pun menyampaikan via WA dihadapan warga bahwa sumbangan ini sebagai bentuk kepedulian antar sesama masyarakat Madina kepada korban bencana yang saat ini tertimpa musibah.

Fahri Nasution dalam kesempatan itu juga menyampaikan bahwa bantuan lain dari DPP IKANAS Jakarta pun sedang dalam perjalanan. IKANAS sebelumnya telah menyerahkan bantuan kepada korban bencana di wilayah pantai barat dan hari ini di wilayah Kecamatan Ulu Pungkut, Jum’at (19/10/2018).

Pantauan, pasca terjadinya bencana banjir bandang di Desa Muara Saladi pada Jum’at (12/10/2018) yang lalu, telah berdiri beberapa posko bantuan di desa tersebut dan di wilayah lokasi pengungsian Kelurahan Huta Pungkut Kecamatan Ulu Pungkut Kabupaten Madina Provinsi Sumut. Bantuan dari segala penjuru pun telah berdatangan salah satunya dari IKANAS.

Melalui info BPBD Madina, Bencana alam banjir dan longsor telah melanda di 15 Kecamatan di Kabupaten Madina Provinsi Sumatera Utara, mulai Kamis (11/10/2018) pukul 23.30 WIB lalu, menyebabkan korban jiwa, luka berat, dan mengungsi. Sebagian besar infrastruktur  rusak, demikian juga dengan rumah para korban dan fasilitas umum.

Aksi tanggap bencana alam bagi korban bencana banjir dan longsor telah dilakukan pada tanggal 12 s/d 18 Oktober 2018 dan diperpanjang dari tanggal 19 s/d 25 Oktober 2018.

Sebagai informasi, Banjir bandang yang menerjang Desa Muara Saladi, Kecamatan Ulu Pungkut, Kabupaten Mandailing Natal (Madina) pada Jumat sore (12/8/2018) lalu menewaskan 12 orang anak sekolah.

Dijelaskan Kades Muara Saladi, selain korban jiwa, ada 13 rumah warga yang hanyut akibat banjir bandang tersebut, ditambah 7 unit rumah rusak berat dan 6 unit rumah rusak ringan. Demikian juga fasilitas umum berupa gedung SD rusak berat, Polindes hanyut, gudang PKK rusak berat, MCK Masjid dan MCK Wanita.

Adapun nama nama warga yang rumahnya hanyut adalah Imbalo, Arifin, Awal, Tohar, Sampe, Nurliana, Totop, Erwin, Muhammad, Muhammad Aswin, Fajaruddin, Nuhdin dan Salman.

Sedangkan nama warga yang rumahnya mengalami rusak berat adalah Aziz, Norma, Ruslan, Edi Syahputra, Ali Muktar, Arsalan dan Tiarni. Untuk rumah warga Desa Muara Saladi yang mengalami kerusakan ringan adalah Seiir, Rasimah, Rosmina, Sahrul, Salamat dan Bangun.

Dalam kesempatan itu, Ketua LBH AL-AMIN Amin Nasution, SH, MH., yang dipercayakan oleh pihak DPP IKANAS untuk menyalurkan bantuan perantau, tampak fhoto bersama dengan panitia posko penerimaan bantuan bencana di Kelurahan Huta Pungkut melakukan penandatanganan berita acara serah terima bantuan banjir yang disaksikan dua orang pengurus LBH AL-AMIN Amril Lubis dan Rois Batubara, Camat Ulu Pungkut M Johan Lubis serta Kades Muara Saladi Syahruddin.(Syahren).

loading...

Komentar Facebook

Related Posts