Desa Kita

Kelompok Tani Saroha Mendapat Bantuan Pembangunan Drainase Sepanjang 200 Meter

Madinapos. com – Kotanopan.

Jaringan irigasi yang baik adalah salah satu sarana yang berhubungan langsung dengan upaya peningkatan produksi padi juga berdampak langsung terhadap kualitas dan kuantitas tanaman padi. Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) bantu Kelompok Tani Saroha untuk membangun Darinase (Saluran Air Sawah) sepanjang 200 meter di Saba Bariang.

Usin salah seorang petani menyampaikan pelaksanaan pembangunan drainase dapat menutupi kebutuhan pengairan sawah di Saba Bariang pengerjaannya kini sudah mencapai 80 persen,” selama ini kami para petani memang kesulitan dalam pembangian air, ini diakibatkan tidak adanya saluran drainase air ke lahan para petani”, ungkapnya di Kotanopan Kamis (26/9).

“Bahkan dikarenakan tidak meratanya pembagian air terkadang sebagian para petani tidak kebagian air pada saat kita turun ke sawah”, lanjut Usia.

Mewakili petani lainnya Usin berharap setelah adanya bangunan drainase ini kebutuhan air akan tercukupi keseluruhan kelompok ini serta tidak ada lagi yang tidak kebagian air ataupun yang tertinggal,” bahkan tidak ada lagi alasan gagal bertani karena kurangnya pasokan air yang disebabkan salah satunya karena rebutan diantara kami”, ungkap petani ini.

Pantauan media ini, pembangunan saluran drainase ini telah hampir rampung dan beberapa pekerja melaksanakan finishing sehingga diperkirakan akan segera selesai dan siap dipergunakan.  (Syahren)

loading...

Komentar Facebook

Related Posts