Desa Kita

Desa Hutabaringin Jadi Indah, Berkat Dana Desa Tahun 2018

Madinapos. com – Kotanopan

Pelaksanaan pembangunan Rabat Beton Lingkungan Pemukiman dan Jalan Usaha Tani menuju Saba Bariang serta Program Pemberdayaan masyarakat dari  Dana Desa  Tahun 2018 Tahap II telah rampung dilaksanakan dan hasilnya  selain bermanfaat mendukung infrastruktur sarana pertanian juga menambah keindahan Desa Hutabaringin TB Kecamatan Kotanopan Kabupaten Mandailing Natal.

Riswan petani di Saba Bariang menyebutkan manfaat dana desa yang dikucurkan pemerintah pusat untuk pembangunan di desa Hutabaringin tb telah dapat kami nikmati,”dulu sebelumnya ada dana desa dan pembangunan rabat beton ini petani di daerah ini cukup kesulitan membawa hasil panen bahkan mengeluarkan biaya yang cukup mahal”, ungkapnya di Kotanopan Sabtu (15/9/2018).

“Apalagi hasil panen padi meningkat kita pas tidak punya uang untuk upah pikul, tentu dengan terpaksa kita yang akan pikul sendiri sampai terkadang ma barbar doma abarai (bahu kita terasa sakit). Tapi sekarang karena jalan rabat betonnya sudah dipinggiran sawah maka cukup naek sepeda motor saja semua selesai”, kata Riswan.

Rahmatsyah Kepala Desa Hutabaringin TB menyampaikan penerimaan Dana Desa Tahun 2018 untuk Tahap I 20 persen dan Tahap II 40 persen telah diterima dan dipergunakan, ” sudah 60 persen kita terima baik DD maupun ADD untuk Tahun 2018 ini dan telah kita pergunakan sesuai dengan program”, ungkapnya.

Kades juga menjelaskan bahwa mereka telah pergunakan untuk kegiatan pelaksanaan pembangunan rabat beton Jalan Usaha Tani,” itu sarana yang sangat dibutuhkan para petani mengigat sawah dilokasi ini cukup luas di kisaran 15 sampai 20 hektar,  pembangunan jalan pemukiman yakni jalan akses keliling desa antara gang satu dengan gang yang lain lebih mudah dilalui dan penambah indah pemukiman serta tampak bersih dan tertata rapi”, katanya.

Kades juga menjelaskan adanya program pemberdayaan kesehatan Balita dan Lansia yang sudah kita laksanakan beberapa kali dengan nama kegiatan UP2K yang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Madina. (Syahren)

loading...

Komentar Facebook

Related Posts