Bisnis dan Ekonomi

Disperindag Sumut Gelar Festival Kopi Sumatera Utara

Madinapos.com – Medan.

Enam Kabupaten yang dikenal sebagai penghasil kopi arabika berkualitas mengikuti Festival Kopi Sumatera Utara yang diselenggarakan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pemprov. Sumatera Utara sejak Saptu dan Minggu (11-12/8/2018) di Area Merdeka Walk Medan.

Keenam kabupaten dan nama produk yang mengikuti acara tersebut yakni Kopi Saabas dari Kabupaten Simalungun, Kopi Pagur dari Kabupaten Mandailing Natal,  Kopi Tabo dari Sipirok Tapanuli Selatan,  Kopi Sembekandua dari Kabupaten Deliserdang,  Kopi Sidikalang dari Kabupaten Dairi dan Batak Kopi dari Kabupaten Humbang Hasundutan.

Agus salah seorang dewan juri dalam festival ini menyampaikan bahwa dewan juri akan menilai dari berbagai hal dari setiap produk yang diajukan dalam festival ini, ” dewan juri akan menilai kopi yang sudah di grading dari aroma, body balance dan sebagainya dan akan dicari 7 besar kopi produksi kualitas terbaik”, ungkapnya.

Pada event ini tampil dengan skor tertinggi adalah Kopi Tabo dari Sipirok Tapanuli Selatan diikuti kopi Batak dari Humbanghasundutan dan Sembekandua dari Deliserdang.

Pengunjung pada acara ini diperbolehkan menikmati seduhan kopi dari masing- masing stand secara gratis namun tidak sedikir juga yang pada akhirnya membeli, ” kita hanya coba aja dan terasa enak jadi kita beli untuk oleh-oleh dari Medan”, ungkap salah seorang pembeli.

Mahfus Budiawan Nasution salah seorang peserta dari Kabupaten Mandailing Natal dengan merk produk Pagur Arabica Mandailing Specialty Coffee dalam festival ini berharap kopi Mandailing terutama yang berasal dari Mandailing Natal atau yang sesuai daerah Indikasi Geografis semakin dikenal di Sumatera Utara”, semoga dengan seringnya tampil dalam event seperti ini maka produksi kopi dari petani kita semakin dikenal dan tentunya lebih bernilai ekonomis”, ungkapnya.

Mahfus juga berharap kepada pemerintah agar pembinaan kepada petani yang selama ini sudah cukup baik agar terus ditingkatkan sehingga peningkatan kualitas dan produksi kopi arabika dari Mandailing Natal semakin meningkat. (alqaf)

loading...

Komentar Facebook

Related Posts