Peristiwa

Kebakaran Lahan, 40 Ha Kebun Sawit Warga di Sinunukan VI Terbakar

Madinapos.com — Batahan

Perkebunan sawit milik warga Desa Sinunukan VI Kecamatan Batahan Kabupaten Mandailing Natal (Madina) terbakar, persisnya didepan titik 06 SP blok B 09 dan blok B 10 milik perkebunan swasta setempat. begitu asap mengepul dari kejauhan ratusan warga dibantu dengan sejumlah aparat Kepolisian dari Polsek Batahan-Sinunukan, Batang Natal, Lingga Bayu, Koramil 20 Batahan dibantu warga dan Tim Pemadam Kebakaran dari perusahaan sekitar bahu membahu berusaha memadamkan api.

Mahyudanil salah seorang petugas sekuriti PT Sago Nauli / plasma mengatakan pada jum’at (16/3) lalu sangat terkejut “tiba-tiba api sudah membesar, kebetulan pos penjagaan dekat dengan lokasi kebakaran hanya sekitar satu blok, akhirnya kami lapor ke Kades karena kami tahu ini areal masyarakat” ungkapnya, di Sinunukan VI (17/3).

Menurut warga setempat, lokasi yang terbakar ini diperkirakan seluas 40 ha yang terletak dijalur VI, kebakaran itu telah berlangsung dua hari sejak Jum’at dan hingga Saptu (17/3) saat ini belum juga dapat dipadamkan, ungkap warga yang enggan disebutkan namanya tersebut.

Liputan madinapos dilokasi kejadian, untuk mencegah kobaran api meluas keperkebunan warga dan perkebunan sawit perusahaan swasta yang berdekatan dengan area tersebut, PT GLP menurunkan unit mobil pemadam api beserta tim begitu juga PT. Gruti terlihat menurunkan timnya unit pemadam kebakaran.

Sampai saat ini belum diketahui dari mana asal muasal api, tetapi dengan cuaca yang sangat terik belakangan ini, ditambah dengan angin yang begitu kencang, api begitu mudah membakar perladangan warga dan dikhawatirkan meluas.

Belum ada pihak yang menyatakan bertanggung jawab atas kejadian ini, sementara awak media juga belum dapat meminta konfirmasi dari petugas kepolisian setempat karena sibuknya melakukan pemadaman api dan mencegahnya menjalar ketempat lainnya.(topen)

loading...

Komentar Facebook

Related Posts