Berita Daerah

Todung Mulia Lubis Memiliki Gelar Adat, Mangaraja Mulya Tinandongan

Madinapos.com. Forum Pelestarian dan Pengembangan Adat Budaya (FPPAB) Mandaing Natal bekerjasama dengan Pemerintahan Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara menggelar prosesi adat mangupa-upa dan penabalan kembali Gelar Harajaon Prof. Dr. Todung Mulia Lubis, SH. LLM di Kotanopan, Jum’at (16/02/2018).

H. Khoiruddin Nasution, Tokoh Masyarakat Kotanopan mengatakan, prosesi mangupa -upa dan Penabalan Kembali Gelar Harajaon Bapak Prof. Dr. Todung Mulia Lubis, SH. LLM adalah merupakan kebesaran dan kebanggan hati kami kepada Bapak Todung Mulia Lubis.

Diceritakannya, pada puluhan tahun yang lalu Bapak Todung Mulia Lubis sudah diberikan gelar harajaon ditanah perantauan, namun Raja-raja, anak ni raja, anak ni namora, anak ni natoras serta cerdik pandai dan alim ulama sebagian besar tidak dapat menghadirinya.

” Kedatangan Bapak pada hari ini, kembali kami buat acara mangupa-upa dan Penabalan Kembali Gelar Harajaon untuk memberitahukan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Mandailing Natal bahwa Bapak Todung Mulia Lubis sudah mempunyai gelar kembali dengan gelar Mangaraja Mulya Tinandongan” ujar Pak H. Khoir.

H. Khoir juga menambahkan, prosesi tadi yang telah diperlihatkan adalah prosesi adat budaya Mandailing Natal yang kita banggakan, ” merupakan suatu bentuk kebesaran hati kami kepada bapak dan selamat bertugas nantinya di Nowegia, semoga sukses dalam menjalankan tugas baru yang diberikan pemerintah” ungkapnya.

Ashar Lubis, salah satu putra terbaik Mandailing Natal yang juga tinggal di perantauan mengatakan dalam prosesi adat ini jelas kita dengarkan agar bapak Todung Mulia Lubis berhasil menjalankan tugas barunya di Nowegia tepatnya di Oslo ” kami dan bapak Bupati mengharapkan agar bapak Todung Mulia Lubis tidak lupa akan kampung halamannya” ungkapnya.

“kita ini ada diperantauan agar bersatu dalam memajukan dan mendukung pembangunan yang ada di kabupaten Mandailing Natal ini” ungkapnya.

“Dan kami tetap mengharapkan, bapak Todung Mulia Lubis jika sudah di Nowegia tetap bersedia menghubungi Menteri terkait membantu pembangunan Mandailing Natal” ungkap Ashar Lubis.

Bupati Mandailing Natal dalam sambutannya mengatakan ” saya sangat bangga atas kehadiran bapak Todung Mulia Lubis di kampung halaman dan tentunya saya meminta agar kita semua mendoakan beliau agar sukses dengan tugas barunya dan tidak melupakan kampung halamannya” ungkap Bupati.

Bupati berterimakasih kepada FPPAB dan Masyarakat Madina yang telah menggelar acara ini seraya mengajak kepada putra putri Mandailing Natal, “marilah kita sama-sama membangun Madina ini agar lebih baik kedepannya” ungkapnya.

Acara ini dihadiri Bupati Madina, Dahlan Hasan Nasution, Marsekal Muda TNI Syarul Efendi Lubis, FKPD Kab. Madina, Anggota DPRD Madina, Ketua TP PKK Madina Ibu Ika Desika Dahlan Hasan Nasution, Pimpinan OPD, Muspika Kotanopan, Tokoh Agama, Tokoh Adat serta masyarakat Kotanopan dan undangan lainnya.(R-alqaf/dok.humas)

loading...

Komentar Facebook

Related Posts