Menu

Mode Gelap

Politik

Panwaslih Paluta Deklarasikan Tolak Politik Uang & Politisasi SARA


					Panwaslih Paluta Deklarasikan Tolak Politik Uang & Politisasi SARA Perbesar

Madinapos.com Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kabupaten Padang Lawas Utara bersama sejumlah pimpinan partai politik pengusung maupun pendukung pasangan calon Pilkada 2018 mendeklarasikan untuk melawan dan menolak politik uang serta politisasi SARA, Rabu (14/2/2018), di Lapangan Kantor Panwaslih Paluta, Jalan Gunungtua-Padangsidimpuan, Sigama, Paluta.

Ketua Panwaslih Paluta Marakali Harahap mengatakan, deklarasi ini merupakan salah satu persiapan sebelum memasuki tahapan kampanye Pilgubsu serta Pemilihan Bupati Paluta, yang dimulai 15 Februari – 23 Juni 2018.

“Kita harus menjauhkan apa yang disebut politik uang dan isu SARA. Ini harus benar benar kita perangi dan lawan agar Pilkada ini berintegritas ” ujar Marakali, dalam sambutannya.

Deklarasi ini sendiri dihadiri oleh sebelas pimpinan Parpol pengusung/pendukung Paslon Andar Amin Harahap-Hariro Harahap. Kemudian, dihadiri oleh Komandan Kodim 0212/TS, Kapolsek Padangbolak, Ketua DPRD Paluta, para pimpinan pondok pesanteren, Panwascam serta PPL yang ada di kabupaten Padang Lawas Utara, pimpinan Ormas, OKP, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, dan tokoh pemuda.

Deklarasi ini sendiri dipandu oleh Koordinator Divisi Penindakan Pelanggaran Panwaslih Paluta Panggabean Hasibuan. Setidaknya ada enam poin deklarasi yang dibacakan oleh Panggabean dan serentak diikuti oleh Paslon, pimpinan parpol serta seluruh undangan.

“Tentu kita berharap deklarasi ini tidak hanya dilapaskan saja atau di lisan saja. Tetapi lebih dari itu, harus dilaksanakan dan dipatuhi untuk kebaikan dan integritas Pilkada Paluta,” tegasnya.

Koordinator Divisi Pencegahan Hubungan Antar Lembaga Panwaslih Paluta Musmuliadi Siregar mengatakan, kegiatan deklarasi ini dilaksanakan serentak seluruh Indonesia. Ini merupakan sebagai bentuk dari komitmen Bawaslu atau Panwaslih untuk memerangi dan melawan politik uang serta politisasi SARA.

Hariro Harahap, Calon Wakil Bupati Paluta menyatakan, pihaknya berjanji akan menjalankan dan mematuhi deklarasi tolak dan lawan politik uang serta politisasi SARA untuk Pilkada 2018 yang berintegritas ini. “Kita berterima kasih kepada Panwaslih Paluta yang telah melaksanakan deklarasi ini. Dengan deklarasi ini, saya yakin kita semua tentu akan komitmen terhadap apa yang baru saja kita ucapkan,” pungkasnya.(R-alqaf)

Facebook Comments Box
loading...
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Ucapkan Belasungkawa, Kapolsek Batang Natal Serahkan Bantuan Untuk Keluarga Alm. Arhan

23 Januari 2022 - 14:40

Sukheri Berharap Muscab PKB Madina Lahirkan Putusan Cerdas

19 Januari 2022 - 17:48

Muharuddin Umpan Serap Aspirasi Warga Kubangan Tompek Batahan

21 Desember 2021 - 19:21

Zubaidah Nasution Reses Di Hutabargot Lombang

20 Desember 2021 - 19:13

Partai Nasdem Palas Adakan Rapat Konsolidasi dan Feripikasi Internal

29 November 2021 - 07:36

Ketua DPW PAN Sumut : Tangan Dingin Sahrun Hasibuan Bawa Partai PAN Raih 4 Kursi di DPRD Palas

19 November 2021 - 08:47

Trending di Politik