Berita Daerah

Panwascam Ikut Sosialisasi Pengawasan Pilkada

Madinapos.com-Palas. Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) se-Kabupaten Palas mengikuti sosialisasi pengawasan Pilkada pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Provinsi Sumut dan pemilihan Bupati -Wakil Bupati tahun 2018 di Aula Hotel Syamsiah Sibuhuan, Minggu (4/2).

Diharapkan, panwascam dapat menjalankan tugas pengawasan terhadap pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur-Wakil Gubernur Sumut serta Bupati-Wakil Bupati Palas 2018 di seluruh pelosok Kecamatan dan desa.

“Kepada Panwascam Kabupaten Palas dan jajaran vertikal untuk selalu melakukan pengawasan dengan baik serta melakukan penguatan kapasitas,” terang Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Provsu Aulia Andri SSos MSi di acara itu.

Diterangkan, Panwascam memiliki tugas berat dalam melaksanakan tugas kewenangan dalam penerapan tugas pengawasan pemilu. Untuk itu, anggota panwascam harus banyak belajar dan memahami fungsi tugas yang diemban. “Dan hendaknya selalu berkonsultasi dengan Panwaslih Kabupaten Palas,” pinta Aulia.

Lebih dari itu, anggota panwascam harus serius bekerja sebagai sorang pengawas di kecamatan masing-masing. Banyak tugas wewenang yang harus dilalukan sesuai pasal 33 Nomor 10/2016. Selain itu, Panwascam harus segera melakukan komunikasi dan konsolidasi kepada pemangku kepentingan di tingkat kecamatan, seperti Polsek, OKP dan pengurus partai politik tingkat kecamatan.

Sementara itu Ketua Panwaslih Palas Abdul Rahman Daulay mengungkapkan, panwascam tidak hanya melakukan tugas pengawasan saja.Tetapi menciptakan pemilu yang jujur, adil dan bermartabat.

“Tidaklah cukup melakukan pengawasan saja, karena peran aktif panwascam harus mampu menjalankan tugas sesuai aturan dan ketentuan, sehingga pengawasan pemilu terlaksana secara integritas,” kata Rahman.

Kegiatan sosialisasi ini juga turut dihadiri Komisioner Divisi Organisasi dan SDM Irham Habibi Harahap, Komisioner Hukum Penindakan dan Pelanggaran Ahmad Faisal Nasution serta staf sekretariat dan 60 orang Panwascam dari 12 Kecamatan di Palas.(R-Hasibuan)

loading...

Komentar Facebook

Related Posts