Menu

Mode Gelap

Berita Daerah

Ketua Umum Ikanas Bermain Gordang Sambilan di Festival Seni Budaya Mandailing


					Ketua Umum Ikanas Bermain Gordang Sambilan di Festival Seni Budaya Mandailing Perbesar

Madinapos.com, Panyabungan – Ketua Umum DPP Ikatan Keluarga Nasution (IKANAS) H. Saipullah Nasution menghadiri sekaligus memimpin doa pembukaan Festival Seni Budaya Mandailing yang dihelat di Pasar Baru, Kelurahan Sipolupolu, Kecamatan Panyabungan, Mandailing Natal (Madina), Sabtu (26/10/2024).

Tak hanya memimpin doa, tokoh kelahiran Gunung Baringin, Kecamatan Panyabungan Timur, bergelar Sutan Kumala Parhimpunan Naposo itu juga ikut bermain gordang sambilan. Dia menbauh gondang jangat.

Festival yang didibuka oleh Asisten II Setdakab Madina Azhari Hasibuan itu diprakarsai oleh Nusantara Najogi dan Madina Kreatif Madina untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 2024.

” Semoga ini awal dari kebangkitan budaya kita. Kedepan makin banyak tantangan yang dihadapi, tanpa identitas dan kekuatan budaya itu menjadi lemah,” kata Beni Nasution, ketua panitia festival.

Beni mengungkapkan, ada 15 grup peserta yang mengikuti lomba gordang sambilan, 12 peserta lomba tor-tor naposo nauli bulung, 13 peserta lomba tari kreasi, dan 48 peserta lomba fashion show.

” Kiranya Pemda dapat menggelar even semacam ini setiap tahun agar Madina mempunyai jatidiri yang dibanggakan, dan semakin diakui di tingkat nasional,” ujarnya.

Sementara Asisten II Setdakab Madina Azhari Hasibuan menyampaikan, untuk menjawab tantangan globalisasi dan perkembangan zaman bukan hanya soal melestarikan warisan budaya, tetapi juga memanfaatkan budaya sebagai kekuatan pendorong kesejahteraan masyarakat.

” Bangga dengan adanya festival budaya ini yang diselenggarakan putra-putri Madina yang peduli dalam pelestarian budaya,” katanya.

Melestarikan budaya, kata Azhar, merupakan hal penting untuk menjaga identitas bangsa, memperkuat persatuan, dan mempromosikan kekayaaan budaya Indonesia di dunia.

Kedepan, kata Azhar, acara festival budaya Madina menjadi agenda rutin setiap tahun untuk mendorong pengembangan seni, musik, dan budaya yang inovatif serta meningkatkan sektor pariwisata daerah.

” Selamat berlomba kepada peserta. Kepada panitia dan juri, selamat bertugas,” katanya. (SRN).

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 72 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Saipullah: Budaya Mandailing Harus Dilestarikan agar Tak Diklaim Suku Lain

27 Oktober 2024 - 22:29

Personel Koramil 13 Panyabungan Berjibaku Mencari Korban Hanyut Warga Kampung Baru

27 Oktober 2024 - 19:33

Bupati Madina Printahkan Kaban BPBD Segera Menemukan Korban Hanyut Warga Kampung Baru

27 Oktober 2024 - 18:09

Cabup Saipullah Sapa Pedagang Pasar Baru Panyabungan

27 Oktober 2024 - 14:27

Saipullah Santuni Anak Yatim Lima Desa di Hutabargot dan Dalan Lidang

27 Oktober 2024 - 12:37

Masuki H-2, BPBD Madina Bentuk 4 Tim Pencarian Warga Kampung Baru Yang Hanyut

27 Oktober 2024 - 12:18

Trending di Berita Daerah