Menu

Mode Gelap

Berita Daerah

Kepala Sekolah SMAN 1 Natal Buka Festival Bulan Bahasa dan Sastra


					Kepala Sekolah SMAN 1 Natal Buka Festival Bulan Bahasa dan Sastra Perbesar

Madinapos.com, Natal – Kepala Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Natal, Muhammad Arif Lubis, S.Pd secara resmi membuka kegiatan Festival Bulan Bahasa dan Sastra di Lapangan Olahraga SMAN 1 Natal, Kecamatan Natal, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sumatera Utara, Kamis (24/10).

Festival yang mengangkat tema” Gaungkan Bahasa dan Lestarikan Budaya Bersama Generasi Nusantara’ ini dimulai tepat pada pukul 09.00 wib pagi.
Rangkaian acara festival ini dimulai dengan penampilan atraksi karate memecahkan batako dari peserta didik yang tergabung dalam perguruan silat PSHT, kemudian dilanjutkan dengan penampilan dari sanggar tari Smansana juga pembacaan ayat suci Al Qur’an serta sari tilawahnya yang dirangkai dengan sambutan Ketua Panitia Pelaksana.

Pada kesempatan itu, Ketua Komite SMA Negeri 1 Natal diwakili oleh Wakil Ketua Komite, Aswin mengucapkan terima kasih atas undangan yang diberikan.
” Saya mewakili Ketua Komite, yang berhalangan hadir namun beliau titip salam bagi kita semua,” ujar Aswin.

Kepada para peserta didik, Aswin juga berpesan agar dalam momentum Festival Bulan Bahasa dan Sastra, peningkatan etika berbahasa, pengucapan bahasa yang sopan dan baik.” Kami berharap anak-anak kami sekalian, bersikaplah dengan baik dalam menuntut ilmu, cari keridhoan orang tua dan guru agar nantinya ilmu dan hidupmu berkah,” pesannya.

Kemudian, Kepala SMAN 1 Natal Muhammad Arif Lubis, S.Pd menyampaikan festival ini dilaksanakan agar kita bisa menggunakan bahasa yang sopan dan santun baik saat berbicara.” Mari memaknai Bulan Bahasa dan Sastra dengan penggunakan bahasa yang baik, sopan santun dalam berbicara serta mengembangkan bakat dalam bidang sastra,” katanya.

Selain itu, ia juga memaparkan salah satu latar belakang kegiatan Festival Bulan Bahasa dan Sastra ini adalah peristiwa Sumpah Pemuda, dimana saat itu para pemuda Indonesia menyatukan persepsi penggunaan Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan yang resmi digunakan hingga saat ini.

Kepada para peserta lomba (peserta didik) dalam menyemarakkan Festival Bulan Bahasa dan Sastra SMA Negeri 1 Natal, ia berpesan agar selalu memberikan penampilan maksimal, juga kepada para juri yang merupakan guru-guru SMA Negeri 1 Natal agar memberikan penilaian yang objektif.
” Mari berbenah terus agar tahun ke tahun setiap agenda kegiatan dan event terlaksana semakin baik,” pungkasnya.

Adapun perlombaan dalam menyemarakkan Festival Bulan Bahasa dan Sastra di SMA Negeri 1 Natal diantaranya, lomba pidato bahasa Inggris (speech contest), Musikalisasi Puisi, Tiktok dance dan lainnya. Kegiatan ini diselenggarakan selama 3 (tiga) hari.
(R-113).

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 18 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Saipullah: Budaya Mandailing Harus Dilestarikan agar Tak Diklaim Suku Lain

27 Oktober 2024 - 22:29

Personel Koramil 13 Panyabungan Berjibaku Mencari Korban Hanyut Warga Kampung Baru

27 Oktober 2024 - 19:33

Bupati Madina Printahkan Kaban BPBD Segera Menemukan Korban Hanyut Warga Kampung Baru

27 Oktober 2024 - 18:09

Cabup Saipullah Sapa Pedagang Pasar Baru Panyabungan

27 Oktober 2024 - 14:27

Saipullah Santuni Anak Yatim Lima Desa di Hutabargot dan Dalan Lidang

27 Oktober 2024 - 12:37

Masuki H-2, BPBD Madina Bentuk 4 Tim Pencarian Warga Kampung Baru Yang Hanyut

27 Oktober 2024 - 12:18

Trending di Berita Daerah