Menu

Mode Gelap

Berita Daerah

Pj. Walikota Padangsidimpuan Serahkan Bantuan Mesin Peralatan Tenun dan Alat Pewarnaan Alami


					Pj. Walikota Padangsidimpuan Serahkan Bantuan Mesin Peralatan Tenun dan Alat Pewarnaan Alami Perbesar

Madinapos.com – Padangsidimpuan.

Pj. Walikota Padangsidimpuan, Dr. H. Letnan Dalimunthe, SKM, M.Kes, menyerahkan bantuan berupa mesin peralatan tenun dan alat pewarnaan alami kepada kelompok tenun di Kota Padangsidimpuan. Penyerahan bantuan tersebut dilakukan di Rumah Kemasan Dinas Perdagangan yang terletak di Jalan Tapian Nauli, Kelurahan Aek Tampang, kota Padangsidimpuan, Rabu (20/03/24).

Bantuan ini merupakan kerjasama antara Kementerian Perindustrian RI dengan Dekranasda, dengan tujuan untuk mendampingi Sentra IKM Tenun Kota Padangsidimpuan dalam meningkatkan kapasitas dan inovasi produk mereka.

Dalam sambutannya, Pj. Walikota Padangsidimpuan menyatakan harapannya bahwa penerima bantuan ini akan semakin serius dalam mengembangkan inovasi dan kreativitas untuk menghasilkan produk tenun yang lebih baik di masa depan. “Saya berharap kita dapat mengoptimalkan peluang ini dengan penuh semangat serta terus belajar agar kita semua dapat maju bersama membawa kota Padangsidimpuan dan Sumatera Utara yang lebih baik,” ujarnya.

Ny. Masroini Letnan Dalimunthe, Ketua Dekranasda Kota Padangsidimpuan, juga turut memberikan arahan kepada para penerima bantuan. Beliau menekankan pentingnya memanfaatkan mesin peralatan tenun dan alat pewarna alami ini dengan sebaik-baiknya. Selain itu, hasil produk yang dihasilkan nantinya diharapkan dapat ditampilkan pada acara puncak Hut Dekranasda ke-44 yang akan diadakan di Solo pada tanggal 14-15 Mei mendatang.

“Saya akan terus melakukan pembinaan kepada kelompok tenun yang ada, sehingga menjadi kelompok tenun yang mandiri dan mampu mengikuti tren pasar yang memiliki nilai ekonomi tinggi. Saya juga berharap dapat melahirkan penenun baru di Kota Padangsidimpuan,” tambahnya.

Sebelumnya, Ir. Ridoan, Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian, dan Perdagangan Kota Padangsidimpuan, menjelaskan bahwa penyerahan bantuan ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan Pendampingan Sentra IKM Tenun Kota Padangsidimpuan dalam rangkaian Hut Dekranasda Ke-44 yang diselenggarakan pada tanggal 7-8 Maret 2024 di Si Borongborong.

“Dalam program ini, 10 orang telah dipilih untuk menerima mesin peralatan tenun dan pewarnaan alami dari Kementerian Perindustrian RI. Hasil tenunan terbaik akan dipilih untuk ditampilkan di acara puncak Dekranasda ke-44 di Solo, di mana hanya dua kabupaten/kota yang akan ikut serta, yaitu Kota Padangsidimpuan dan Kabupaten Papua Barat,” jelasnya.

Dengan bantuan ini diharapkan dapat meningkatkan produksi tenun lokal, mendukung para pengrajin dalam mengembangkan keterampilan mereka, serta mengangkat potensi industri kreatif di Kota Padangsidimpuan.

(*/Andy)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 90 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Pemkab Madina Gelar Halal Bi Halal 2024 di Mesjid Nur Alanur Panyabungan

17 April 2024 - 12:19

Pimpin Apel Pasca Lebaran, Camat Panyabungan Minta Tingkatkan Pelayanan Kepada Masyarakat

16 April 2024 - 17:42

Hari I Kerja Pasca Lebaran, dr. Rusli Pulungan Terima Kunjungan Wabup Madina di RSUD Panyabungan

16 April 2024 - 17:30

Sidak Hari I Kerja Pasca Libur Lebaran, Bupati Madina Pastikan Pelayanan Publik Berjalan Normal

16 April 2024 - 17:19

Hari I Pasca Libur Idul Fitri, Asisten III Lismulyaldi Silaturahmi Ke Kantor Camat Bukit Malintang

16 April 2024 - 12:59

Hari – 1 Kerja Pasca Libur Lebaran, Forkopimcam Bukit Malintang Gelar Apel Gabungan

16 April 2024 - 11:44

Trending di Berita Daerah