Menu

Mode Gelap

Berita Daerah

Kapolres Palas Pimpin Apel Pergeseran Pasukan Ops Mantab Brata Toba 2023-2024.


					Kapolres Palas Pimpin Apel Pergeseran Pasukan Ops Mantab Brata Toba 2023-2024. Perbesar

Madinapos.com – Padang Lawas.

Kapolres Padang Lawas AKBP Diari Astetika SIK pimpin apel pergeseran Pasukan Ops Mantap Brata Toba 2023 – 2024. Dalam rangka pemilihan umum tahun 2024 di wilayah hukum Polres Palas Polda Sumut, di lapangan apel Mako Polres Palas jalan lintas Sibuhuan – Sosa, Senin 12/02/2024 pagi.

Waka Polres Palas Kompol, S.Pd., Kabag Ops Polres Palas, Kompol Alsem Sinaga, Kabag Ren Polres Palas Kompol Pesta Simarmata., PJU Polres Palas., dan Perwira BKO Polda Sumut. Serta Kapolsek Jajaran Polres Palas turut ikut dalam kegiatan tersebut.

Adapun susunan Peserta Apel Pergeseran Pasukan OPS Mantab Brata Toba 2023-2024 Dalam Rangka Pengamanan TPS Pemilu Tahun 2024 Wilkum Padang Lawas,Satu Pleton Personil BKO Brimob Poldasu,Satu Pleton Dalmas Polres Padang Lawas dan Gabungan Personil Polres Padang Lawas dan Personil BKO Polda Sumut.

Dalam arahannya Kapolres Palas AKBP Diari Astetika, S.I.K. menyampaikan, Salam Presisi.

Pertama sekali, kata Kapolres, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah swt, tuhan yang maha esa. atas segala berkat dan kasih karunia-nya, sehingga pada pagi hari ini kita dapat melaksanakan apel pergeseran pasukan ops “Mantap Brata Toba 2024” di lapangan Mapolres Palas ini dalam keadaan sehat wal’afiat dan tidak kurang suatu apapun,”ucapnya.

Kapolres juga mengucapkan selamat datang untuk para personil yang melaksanakan BKO ke wilayah hukum Polres. Padang Lawas, diharapkan saudara dapat segera menyesuaikan dengan lingkungan tempat anda bertugas, jaga sopan santun dan etika dengan masyarakat sekitar dikarenakan adat istiadat di kabupaten palas ini masih sangat kental.

“Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh personil Polres Palas dan jajaran yang telah melakukan tugas pengamanan pada setiap tahapan pemilu tahun 2024 sehingga situasi dan kondisi kabupaten Palas dalam keadaan aman dan kondusif”, ucap Kapolres.

Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa saat ini tahapan pemilu tahun 2024 sedang memasuki tahapan masa tenang (11 s/d 13 februari 2024), dan pada hari rabu tanggal 14 februari 2024 akan memasuki tahap pemungutan suara dan selanjutnya tahap rekapitulasi hasil hitung suara.

“Saya perlu menyampaikan bahwa Polres Padang Lawas dan jajaran mengamankan pemilu tahun 2024 dengan kekuatan berjumlah 200 (dua ratus) personil yang terdiri dari 168 (seratus enam puluh delapan) personil organik Polres Palas dan dibantu oleh 32 (tiga puluh dua) personil BKO dari Polda Sumut yang akan mengamankan 801 (delapan ratus satu) TPS yang menyebar di 303 desa 1kelurahan dari 17 kecamatan,’ terangnya.

Dalam pengamanan ini diturunkan 3 (tiga) Pamenwas pada setiap daerah pemilihan, 17 (tujuh belas) sebagai perwira pengendali di setiap kecamatan serta menyiagakan 1 (satu) pleton Dalmas dari sat samapta polres padang lawas serta 1 (satu) pleton PHH dari Sat Brimob Polda Sumut.

“Saya berpesan kepada seluruh personil tugas pengamanan pemilu tahun 2024 ini tugas yang mulia ini dengan rasa tanggung jawab, hati yang tulus dan ikhlas serta niatkan sebagai ibadah, yang insya Allah kita akan mendapatkan balasan terbaik dari Allah tuhan yang maha esa,’ ucapnya.

Untuk mewujudkan hal tersebut lanjut Kapolres Diari, maka kepada setiap personil pam tps khususnya rekan-rekan personil yang terlibat langsung di lapangan, harus benar-benar menguasai dan memahami tugas yang dibebankan kepada saudara yang tertuang dalam rencana operasi pemilu tahun 2024 tentang siapa berbuat apa, bertanggung jawab kepada siapa.

“Kepada personil yang akan melaksanakan pengamanan dan pengawalan logistik pemilu tahun 2024, laksanakan pengamanan dan pengawalan sebaik mungkin (harus melekat), petakan kerawanan di jalur yang akan dilewati, jaga kondisi logistik pemilu tahun 2024 seutuh dan sebaik mungkin”Dalam kata sambutan Kapolres AKBP Diari

“Kepada personil pam tps harus dapat memetakan kerawanan di setiap tps, dilarang memasuki tps kecuali atas permintaan petugas kpps, mencatat semua kegiatan menonjol selama proses pemungutan dan penghitungan suara” tambahnya.

Selanjutnya adalah mengamankan dan mengawal pergeseran kotak suara dan surat suara dari tps ke kelurahan / desa, keluragan/ desa ke kantor camat dan seterusnya. (asah sensitivitas / naluri saudara-saudara untuk mencegah potensi konflik).

“Kepada para personil bko dan personil yang baru melaksanakan tugas pengamanan tps agar segera menyesuaikan dengan lingkungan tempat anda bertugas, jaga sopan santun dan etika dengan masyarakat sekitar dikarenakan adat istiadat di kabupaten Padang Lawas ini masih sangat kental sehingga kita sebagai anggota”tutur Kapolres

AKBP Diari Astetika Sebelum mengakhiri arahannya Kapolres Palas menyampaikan beberapa atensi untuk kita tindak lanjuti dalam pelaksanaan pengamanan pemilu tahun 2024, yaitu:

“Tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada tuhan yang maha esa dalam setiap pelaksanaan tugas. Selalu berdoa untuk pelaksanaan setiap tugas agar mencapai kesuksesan”tegasnya

“Pastikan kesiapan performa fisik dan mental saudara, lakukan check dan recheck terhadap kelengkapan perorangan maupun sarana- prasarana yang akan dibutuhkan sebelum bertugas”lanjut Kapolres

“Laksanakan tugas pengamanan tps dengan ikhlas, sungguh-sungguh dan bertanggung jawab sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) yang berlaku. Demikian arahan yang disampaikan oleh Kapolres Palas AKBP Diari Astetika, S.I.K.”pungkasnya.

Penulis : A Salam Srg.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 24 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Pj. Walikota Padangsidimpuan Sholat Idul Fitri di Masjid Agung Al-Abror

12 April 2024 - 10:44

Pj Bupati Dan Kapolres Palas Sholat Id 2024 di Lapangan Merdeka Sibuhuan, Bersama Ribuan Jamaah

11 April 2024 - 14:16

Rayakan Idul Fitri 1445 H, Bupati Tapsel Ajak Masyarakat Tingkatkan Amal Kebaikan

11 April 2024 - 14:08

Libur Lebaran 2024, Polsek MBG Tingkatkan Pengamanan Obyek Wisata Pantai

11 April 2024 - 13:58

Jamaah Padati Pelaksanaan Shalat Ied 1445 H di Mesjid Agung Nur Alanur Panyabungan

10 April 2024 - 08:02

Diikuti Ribuan Warga, Camat Siabu Lepas Pawai Takbiran Sambut Idul Fitri 1445 H

10 April 2024 - 04:31

Trending di Berita Daerah