Menu

Mode Gelap

Berita Daerah

Bupati Sukhairi Serahkan Bantuan EP dan Piagam Partisipasi ProKlim Desa Penyangga TNBG Madina


					Bupati Sukhairi Serahkan Bantuan EP dan Piagam Partisipasi ProKlim Desa Penyangga TNBG Madina Perbesar

Madinapos.com – Panyabungan Barat.

Bupati Mandailing Natal HM. Jafar Sukhairi Nasution menyerahkan Bantuan Ekonomi Produktif (BEP) dan Piagam Partisipasi ProKlim ( Program Kampung Iklim) bagi 10 desa penyangga binaan Taman Nasional Batang Gadis di Halaman Kantor Camat Panyabungan Barat, Sabtu (14/10) pagi.

Juga menyerahkan Piagam Partisipasi ProKlim (Program Kampung Iklim) kepada 6 (enam) desa yang sudah melakukan upaya-upaya adaptasi dan mitigasi terhadap perubahan iklim yaitu Kelurahan Longat, Desa Sirambas, Desa Lumban Dolok, Desa Pagaran Gala-Gala, Desa Hutapuli dan Desa Huta Lombang.

Pada kesempatan tersebut, Bupati juga menyerahkan hadiah secara langsung dari cabang olahraga Karate Dojo Kageri yang merupakan Binaan Taman Nasional Batang Gadis. kepada Ghani Hadi Yunfa Tanjung berhasil meraih Medali emas Juara I Kumite Kadet 57 kg Putra, Gibran Afrizal Meraih Juara 3 Kumite Pemula-40 Kg Putra dan Mhd. Dafa Febrizal Maeraih Juara 1 Kata Kadet Putra pada National Karate Championship OKC Open 1 Piala Kemenpora RI 2023 pada tanggal 6-8 Okt 2023 di GOR Ciracas Jakarta Timur.

Teguh Setiawan, S.Hut, MM selaku Kepala Balai Taman Nasional Batang Gadis (TNBG) dalam laporannya menyampaikan bahwa untuk tahun 2023 ada 24 paket bantuan yang akan diserahkan kepada kelompok tani. “Untuk semester I ini diserahkan 10 paket bantuan, dan akan menyusul 14 paket bantuan yang akan diserahkan pada akhir Semester II” ujarnya.

“ Untuk Jenis bantuan yang diserahkan berupa uang yang digunakan untuk pembelian bibit dan juga peralatan pertanian sesuai dengan kebutuhan kelompok tani”, tambahnya.

Teguh Setiawan, S.Hut, MM juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati dan undangan yang hadir serta Camat, dan Kepala Desa yang selalu mendukung kegiatan konservasi di desa penyangga TNBG,“Harangan Na Bagak, Koum Nami Ma Lagak”, ujar beliau memberi semangat untuk tetap menjaga hutan di akhir laporannya

Sementara itu Bupati menyampaikan kegiatan Program Kampung Iklim (ProKlim) ini merupakan kegiatan bersama dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Mandailing Natal dan Taman Nasional Batang Gadis.

“Kita perlu mendukung program Lingkungan Hidup seperti program Kampung Iklim ini agar setiap desa mampu menata desanya dan bertahan akan dampak perubahan iklim melalui penanaman, peningkatan sistem drainase dan meningkatkan sumber-sumber mata air atau kegiatan lingkungan hidup lainnya” ujarnya.

Bupati juga mengatakan turut bangga akan prestasi anak bangsa cabang olahraga Karate Dojo Kageri yang merupakan Binaan Taman Nasional Batang Gadis,“Saya sangat bangga akan prestasi generasi bangsa yang turut mengharumkan nama Mandailing Natal. Semoga dapat mempertahankan prestasinya”, ungkapnya.(**)

Penulis : Suaib, Hamzah, Adanan, Pian

Edit : Redaksi

Photo : Hanzah

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 230 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Pantau PAM Objek Wisata, Kapolres Madina : Untuk Pastikan Keamanan dan Kenyamanan Pengunjung

15 April 2024 - 12:44

Cegah Pembuangan Sampah, Hasibuan Bangun Taman Mini Wilayah Kelurahan Pasar Sibuhuan

14 April 2024 - 15:01

DPD-KNPI Palas Halal Bi Halal, Ketua : Sambung Silaturrahmi Antar Pengurus Dan Anggota

14 April 2024 - 09:51

Pj. Walikota Padangsidimpuan Sholat Idul Fitri di Masjid Agung Al-Abror

12 April 2024 - 10:44

Pj Bupati Dan Kapolres Palas Sholat Id 2024 di Lapangan Merdeka Sibuhuan, Bersama Ribuan Jamaah

11 April 2024 - 14:16

Rayakan Idul Fitri 1445 H, Bupati Tapsel Ajak Masyarakat Tingkatkan Amal Kebaikan

11 April 2024 - 14:08

Trending di Berita Daerah