Menu

Mode Gelap

Pendidikan

KKG MGPM PAI Jemput Bola Tingkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam di Padang Lawas


					KKG MGPM PAI Jemput Bola Tingkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam di Padang Lawas Perbesar

Madinapos.com – Padang Lawas.

Terobosan Kelompok Kerja Guru (KKG) dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) PAI SD, SMP dan SMA/SMK adalah adalah melakukan jemput bola guna meningkatkan kualitas mutu Pendidikan Agama Islam (PAI) di Kabupaten Padang Lawas (Palas).

Maksud dari jemput bola dimana selaku Ketua  KKG PAI Asran Hasibuan S.Ag dan ketua MGPM PAI H Syafril S.Ag,.S.Pd.I melalui Wakil Ketua H Faujan Hamidi Hasibuan S.Ag,.S.ThI di bawah naungan Kemenag Palas melalui Kasi Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam Sahut Martua Lubis melakukan pembinaan guru PAI di eks Barumun, Kamis (14/09/2023).

Ketua KKG PAI Palas, Asran Hasibuan, jona I terdiri dari enam Kecamatan, yaitu Kecamatan Barumun, Kecamatan Barumun Selatan, Kecamatan Lubuk Barumun, Kecamatan Barumun Baru, Kecamatan Ulu Barumun, dan Kecamatan Sosopan,  di mana pelaksanaannya berlangsung di tepatnya di SD N 0604 Siraisan, Kecamatan Ulu Barumun dengan jumlah peserta 122 guru PAI.

Sebelumnya, Kata Asran, pembinaan guru PAI telah dilakukan  di zona II (eks Barumun Tengah) yang terdir dari lima kecamatan, diantaranya, Kecamatan Barumun Tengah, Kecamatan Aek Nabara, Kecamatan Huristak, Kecamatan Sihapas dan Kecamatan Barumun Barat, jumlah peserta 87 guru, dilaksanakan pada tanggal 05 September 2023 di SD 0201 Binanga Kecamatan Barumun Tengah.

Kemudian, zona II eks Sosa yang diikuti enam Kecamatan yang terdiri dari Kecamatan Sosa, Kecamatan Hutaraja Tinggi, Kecamatan Batang Lubu Sutam, Kecamatan Sosa Timur, Kecamatan Sosa Julu, dan Kecamatan Ulu Sosa, jumlah peserta terdiri dari 93 guru dilaksanakan tanggal 07 September 23 di SD 0401 Pasar Ujung Batu Kecamatan Sosa.

Ketua KKG PAI Kabupaten Padang Lawas, Asran Hasibuan S.Ag juga menjelaskan di Palas jumlah guru PAI lebih kurang 302 orang, sehingga pihaknya perlu membagi tiga zona agar bisa diikuti seluruh guru, dengan begitu para peserta tidak yerlalu jauh jarak yang mereka tempuh untuk mengikuti kegiatan tersebut.

” Selama ini sosialisasi hanya berpusat di Kabupaten saja sehingga banyak guru yang mengeluh jauhnya jarak tempuh. Sehingga kita berinisiatif untuk membagi menjadi tiga zona, dengan harapan seluruh guru PAI bisa hadir mengikuti sosialisasi,” kata Asran Hasibuan S.Ag saat ditemui wartawan, di Sibuhuan, Jum’at (15/09/2023).

Asran menyebut, sosialisasi di tiga zona sudah selesai dilaksanakan, dan insyaallah kita akan melakukan sosialisasi tingkat Kabupaten dengan mengundang pembicara dari Provinsi Sumatera Utara.

” Alhamdulillah, hasil dari sosialisasi saat ini sudah berjalan kegiatan jum’at berkah, dimana program itu mendorong peserta didik agar memiliki pengetahuan agama yang baik,” sambung Asran.

Asran juga berharap kepada Pemkab dan Dinas Pendidikan Palas untuk mendukung program jum’at berkah dengan mengimbau para kepala sekolah agar merutinkan program khusus keagamaan atau jum’at berkah sehingga siswa/siswi memiliki pemahaman agama dan  berbudi pekerti dan berakhlakul karimah sehingga mewujudkan visi misi Padang Lawas yang Beriman Cerdas Sehat Sejahtera dan Berbudaya (Bercahaya).

Wakil Ketua MGPM PAI,  H Faujan Hamidi Hasibuan S.Ag,.S.ThI menyebut pembinaan ini bertujuan meningkatkan kualitas dan kuantitas guru agama islam dan budi pekerti pada sekolah agama dan umum hingga nantinya menjadi guru yang handal dapat berdaya saing dalam memberikan pendidikan kepada anak didik.

” Guru sebagai teladan yang harus memiliki kepribadian yang dapat dijadikan profil dan idola seluruh kehidupannya adalah figur yang sempurna,” ucap H. Faujan Hamidi.

Faujan menambahkan, kegiatan ini juga untuk memperkuat jiwa raga para murid dalam rangka menghadapi tantangan global yang harus sejak dini kita ajarkan dan kita tanamkan kepada siswa serta siswi tentang pemahaman agama islam dengan baik, ” membentuk jiwa raga mereka agar tidak lepas kontrol kepada yang menju kearah perbuatan nagatif,” tutup Faujan Hamdi.(**)

Penulis : A Salam Srg.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 75 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

SMKN I Batahan di Desa Banjar Aur Kabupaten Mandailing Natal Diresmikan

11 Juli 2024 - 00:59

Santri Angkatan Pertama Ponpes Al-Falah Lulus UMPTKIN di UIN Fatmawati Bengkulu

9 Juli 2024 - 04:44

SMAN I Batahan Serahkan Rapor dan Beri Penghargaan Peserta Didik Berprestasi

23 Juni 2024 - 15:11

Umumkan Kelulusan, SDN 357 Natal Kembalikan 83 Siswa Siswi Ke Orang Tua

10 Juni 2024 - 21:16

Pelepasan Siswa-siswi SMPN 1 Sinunukan Kelas IX Angkatan Ke-43 TP. 2023-2024

10 Juni 2024 - 19:45

Pelepasan Siswa Kelasa 9, Kasek SMPN. 2 Siabu Cerita Kenangan Masa Menuntut Ilmu

5 Juni 2024 - 19:06

Trending di Pendidikan