Menu

Mode Gelap

Berita Daerah

Pemkab Tapsel Dukung Sekolah Raih Penghargaan Adiwiyata


					Pemkab Tapsel Dukung Sekolah Raih Penghargaan Adiwiyata Perbesar

Madinapos.com – Tapsel.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapanuli Selatan (Tapsel) dukung sekolah-sekolah yang terdaftar mengikuti gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (PBLHS) agar dapat meraih penghargaan Adiwiyata. Itu diungkapkan Bupati Tapsel, Dolly Pasaribu, saat menghadiri bimbingan teknis gerakan PBLHS Adiwiyata terhadap 8 Sekolah di Aula SMKN 2 Kecamatan Batang Toru pada Rabu (30/8/2023)

Dikatakan Dolly, penghargaan itu sangat utama bagi dunia pendidikan. Menurutnya, peran sekolah sebagai lembaga pendidikan sangat penting untuk mengajarkan nilai-nilai pelestarian lingkungan kepada generasi muda. Sehingga, mereka bisa menjadi agen perubahan dalam menjaga keberlangsungan alam.

“Pemkab Tapsel melalui Dinas Lingkungan Hidup bekerja sama dengan Perusahaan Tambang PT Agincourt Resources dan Yayasan Semut Merah untuk mendukung sekolah-sekolah dalam mengikuti program gerakan PBLHS ini,” sebut Dolly.

Dolly juga mengapresiasi terhadap 8 sekolah yang berkesempatan mengikuti gerakan PBLHS tahun 2023. Adapun sekolah-sekolah itu antara lain, SMKN 2 Batang Toru, SMPN 1 Batang Toru, SMPN 2 Batang Toru, MTsN 3 Tapsel, SDN No.100707 Perkantoran Batang Toru, SDN No.100715 Telo, SDN No.100712 Hapesong Lama, dan SDN No.100714 Garoga.

Sementara, Senior Manager Community PT Agincourt Resources Batang Toru, Christine Pepah, mengatakan sebagai mitra pemerintah, pihaknya selalu mendukung kemajuan pendidikan di Tapsel. Utamanya, dengan mengubah perilaku pelajar, yang harapannya nanti, tidak akan sulit ketika sudah terjun ke masyarakat.

Christine menambahkan, Selain gerakan PBLHS, pihaknya akan membuat terobosan baru yang sudah didiskusikan dengan pihak Dinas Lingkungan Hidup Tapsel. Pihaknya, akan mengadakan gerakan manajemen Bank Sampah. Yang mana, memulainya lewat assesmen.

“Yakni bagaimana caranya mengubah mindset masyarakat agar mengurangi sampah,” tutup Christine.

Sedangkan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Tapsel, Ongku Muda Atas Sormin, mengaku, atas prakarsa Bupati, kegiatan ini juga diwarnai dengan pemberian 40 batang bibit. Bibit tersebut, terdiri mangga, durian, jeruk, dan kelapa sebagai pemicu semangat para peserta sekolah yang mengikuti gerakan PBLHS. (Sayuti)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 49 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Pj. Walikota Padangsidimpuan Tinjau Rekapitulasi Hasil Perhitungan Suara Tingkat Kecamatan

24 Februari 2024 - 15:47

Terkait Bocornya H2S di SMGP, Camat PSM Sebutkan Sudah Takdir

23 Februari 2024 - 18:26

Terkait Bocornya H2S di SMGP, Wakapolres Madina : Tim Sedang Selidiki, Camat : Ini Takdir

23 Februari 2024 - 17:56

Kasatreskrim Palas : Kelangkaan Pertalite Akibat Gangguan Pengiriman, Aplikasi dan Pompa Rusak

23 Februari 2024 - 14:34

Musrenbang Kecamatan Kotanopan Tahun 2024 Prioritaskan Pembangunan Disegala Aspek

23 Februari 2024 - 03:58

Polres Palas Antisipasi Gangguan Kamtibmas, Waka Polres Stand By di Kantor PPK Huragi

22 Februari 2024 - 18:10

Trending di Berita Daerah