Menu

Mode Gelap

Berita Daerah

Bupati Tapsel Saksikan Pengukuhan 7 Pelajar SMAN 1 Arse Duta Anti Rokok


					Bupati Tapsel Saksikan Pengukuhan 7 Pelajar SMAN 1 Arse Duta Anti Rokok Perbesar

Madinapos.com – Tapsel.

Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) Dolly Pasaribu yang didampingi Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Tapsel Ny. Rosalina Dolly Pasaribu yang hadir dan memberi semangat kepada siswa/siswi SMA Negeri 1 Arse.

Sebanyak 4 siswa dan 3 siswi dikukuhkan menjadi Duta Anti Rokok di Kecamatan Arse oleh Camat Arse Muhammad Yusuf Nasution yang disaksikan oleh Bupati Tapsel, Ketua TP PKK Tapsel, Ketua DWP Tapsel, dan Plt. Kadis Kesehatan Tapsel yang bertempat di Aula SMA Negeri 1 Arse (Tapsel) pada Kamis (27/7/2023)

Sebelumnya, Dolly Pasaribu memberi apresiasi terhadap Camat, Kepala Sekolah dan Guru-Guru SMAN 1 Arse atas kepeduliannya terhadap kesehatan anak-anak remaja calon penerus bangsa dengan ide cemerlang sehingga dapat menggagas Duta Anti Rokok.

Dalam sambutannya, Dolly mengingatkan bahaya rokok bagi kesehatan, dan juga mengajak para siswa maupun guru yang perokok aktif untuk dapat mengurangi penggunaan rokok sampai berhenti.

“Tidak ada istilah tidak bisa untuk berhenti. Karena bahaya merokok yang utama merupakan kanker paru,” ujar Dolly.

Lebih lanjut, Dolly menyampaikan manfaat dan keuntungan terhadap diri sendiri dari tidak merokok. Salah satunya dapat dengan menabung atau menyimpan uang yang seharusnya untuk mengonsumsi rokok dengan ditabung maka akan hemat dan kesehatan tentunya jauh lebih sehat.

Oleh karena itu, Dolly berpesan kepada siswa/siswi SMA Negeri 1 Arse agar saling berkolaborasi untuk pencegahan penggunaan rokok, umumnya bagi pelajar.

“Kalian juga dapat bekerja sama agar lingkungan sekolah SMA Negeri 1 Arse ini bebas dari asap rokok,” harap Dolly.

Setelah penyematan Duta Anti Rokok, Dolly melakukan pemeriksaan terhadap Unit Kesehatan Sekolah (UKS), yang dimana Dinas Kesehatan akan melaksanakan tes Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA). IVA test sendiri merupakan cara sederhana untuk mendeteksi kanker leher rahim dengan sedini mungkin.

Sedangkan Plt. Kadis Kesehatan Tapsel, Mawarni Batubara menjelaskan, penilaian atas lomba IVA test tingkat Provinsi berfokus pada usia 30-50 tahun, dan melakukan pemeriksaan setiap setahun sekali.

Kemudian Dolly berpesan kepada Dinas terkait untuk merangkum data yang telah melaksanakan IVA test untuk ditindak lanjuti pemeriksaan setiap tahunnya, sehingga hal yang tidak diinginkan seperti kanker serviks tidak terjadi. (Sayuti)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 135 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Distan Madina Tinjau Tanggul Irigasi Aek Sibontar Jebol Dihantam Banjir

12 Juni 2024 - 17:30

12 Calon Pahlawan Devisa Negara Asal Tapsel Lolos Ke Korea Selatan

11 Juni 2024 - 20:57

Lagi, Saat Latihan Militer Prajurit Yonif 123/RW Temukan Ladang Ganja di Tor Sihite

11 Juni 2024 - 19:52

Pelatihan Life Skill dan Sosialisasi Budidaya Tanaman Holtikuktura di Tambangan Sukses

11 Juni 2024 - 14:51

Jelang MTQ Sumut, Bupati Tapsel Tinjau Kesiapan Pembangunan Gedung Infrastruktur Penunjang

10 Juni 2024 - 20:49

Ikuti Lomba Desa, Bupati Tapsel Motivasi Aparat Desa Sorimanaon

10 Juni 2024 - 20:35

Trending di Berita Daerah