Menu

Mode Gelap

Berita Daerah

Ribuan Obor Dinyalakan Sambut Tahun Baru Islam 1445 H di Madina


					Ribuan Obor Dinyalakan Sambut Tahun Baru Islam 1445 H di Madina Perbesar

Madinapos.com – Panyabungan.

Masyarakat Kabupaten Mandailing Natal menyalakan ribuan obor menyambut Tahun Baru Islam 1445 Hidjiriah (18 Juli 2023) malam serta pawai sepanjang 5 Km berkeliling Kota Panyabungan dengan rute Aek Lapan hingga berkeliling Taman Kota Panyabungan.

Sementara 23 Kecamatan di Kabupaten Mandailing Natal juga melaksanakan pawai obor untuk menyambut tahun baru Islam 1445 Hidjriah.

Pawai obor yang diprakarsai beberapa ormas dan organisasi kepemudaan Islam diantaranya Forum Islam Bersatu Madina dan lainnya ini diawali Salat Magrib bersama, Zikir dan Doa serta Isya di Mesjid Hj. Zulyani Lubis Kelurahan Sipolu – Polu Kecanatan Panyabungan. Selanjutnya disampaikan orasi tentang penolakan LBGT PKI dan Narkoba.

Dalam sambutannya Bupati HM. Jafar Sukhairi Nasution mengajak masyarakat untuk merayakan Tahun Baru Islam 1445 H ini dengan penuh kedamaian,” Islam itu damai dan indah, kemudian melalui obor ini kita isyaratkan habis gelap terbitlah terang, allahu akbar”, ungkapnya.

Bupati Mandailing Natal HM. Jafar Sukhairi Nasution, Kapolres AKBP HM. Reza Chairul AS, Danramil 13 Panyabungan Kapt. Inf. Abdul Kodir Harahap usai menyalakan obor langsung memimpin pawai obor dengan berjalan kaki sepanjang lebih kurang 5 kilo meter melalui rute inti Kota Panyabungan.

Sementara warga peserta pawai menyemarakkan perjalanan dengan menyanyikan lantunan salawat badar, jibril dan lantunan nada memuji keagungan NYA serta kebesaran Nabi Muhammad SAW. Terlihat warga Kota Panyabungan tumpah ruah di sepanjang jalan yang dilalui, sambil melambaikan tangan serta larut dalam senandung lagu peserta pawai.

Terlihat Satlantas Polres Mandailing Natal, Anggota Koramil 13 Panyabungan, Dishub, Ambulans, serta Satpol PP dan Unit Damkar turut membantu mengamankan seluruh proses pawai Perayaan Hari Besar Islam di Kabupaten Mandailing Natal ini. (am)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 106 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Meriahkan Tahun Baru Islam 1446 H, FUI Madina Gelar Zikir Doa dan Pawai Obor

13 Juli 2024 - 23:11

Kunjungi Desa Sayur Matua, Kades : Terimakasih, Pj. Bupati Palas dan PT. Empe Tonga Bakri Group

13 Juli 2024 - 18:13

Forkopimcam Linggabayu Gelar Jum’at Bersih dan Senam Bersama

12 Juli 2024 - 17:36

Forkopimcam Muara Sipongi Bersama Masyarakat Gelar Gotong Royong

12 Juli 2024 - 15:14

Kungker diwilayah Pantai Barat, Wabup Atika Kunjungi Kecamatan Linggabayu

12 Juli 2024 - 00:09

Wabup Madina Kunjungi Korban Kebakaran di Kelurahan Longat

12 Juli 2024 - 00:03

Trending di Berita Daerah