Menu

Mode Gelap

Berita Daerah

Plt. Bupati Palas Serahkan 21.352 Liter Pupuk Organik Cair Bantuan Kementan RI


					Plt. Bupati Palas Serahkan 21.352 Liter  Pupuk Organik Cair Bantuan Kementan RI Perbesar

Madinapos.com – Padang Lawas.

Pemerintah Kabupaten Padang Lawas (Palas) menyerahkan bantuan Pupuk POC (Pupuk Organik Cair) Atlantik Sumber Dana APBN Kementerian Pertanian (Kementan) RI Tahun Anggaran 2023.

Dalam hal itu, Plt. Bupati Padang Lawas drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, CHt, MM, M.Si, M.H (AZP) didampingi Kadis Pertanian Falah Alfitri, SP dan beberapa pejabat teras lainnya menyerahkan bantuan tersebut secara simbolis kepada petani.

Prosesi penyaluran bantuan pupuk berlangsung di Kantor Dinas Pertanian Kabupaten Padang Lawas, Kamis (6/07/2023).

Disela kegiatannya, Plt. Bupati AZP menyebutkan bahwa bantuan dari Kementan itu merupakan usulan Pemerintah Kabupaten Padang Lawas melalui Dinas Pertanian. Hal tersebut menurutnya sebagai salah satu bentuk dukungan pemerintah untuk meringankan beban para petani.

“Kegiatan ini merupakan sinergitas antara pemerintah daerah, pemerintah provinsi dan juga pemerintah pusat. Semoga nantinya stimulus yang diberikan pemerintah dapat membantu para petani untuk meningkatkan hasil pertanian mereka, ujar Plt. Bupati.

AZP juga berharap bantuan ini akan mendorong penggunaan pupuk organik sehingga para petani beralih dari ketergantungan kepada pupuk kimia.

“Mari secara pelan pelan kita beralih ke era pupuk organik.  Selain ramah lingkungan juga dapat menjaga kualitas tanah dalam jangka panjang dan yang lebih penting, hasilnya  lebih aman untuk dikonsumsi dan akan lebih baik untuk kesehatan kita, lanjut AZP.

Sebaliknya, penggunaan pupuk anorganik dapat mengganggu ekosistem didalam tanah dan kesuburan tanah akan berkurang, timpalnya.

Pada kegiatan tersebut pula, Plt. Bupati meminta agar proses pembagian pupuk ini diawasi dengan benar agar bantuan tersebut tepat sasaran kepada para petani yang membutuhkan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Falah Alfitri, SP dalam keterangannya menjelaskan bahwa jumlah pupuk cair yang disalurkan tersebut sebanyak 21.352 liter dan akan dibagikan kepada 439 kelompok tani (poktan) di 17 kecamatan di Kabupaten Padang Lawas.

Ditambahkannya, penyaluran POC tersebut sebagai upaya untuk meningkatkan produktivitas hasil pertanian untuk kesejahteraan para petani di Kabupaten Padang Lawas.

Penulus : A Salam Srg.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 155 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Pemkab Madina Mulai Bangun Ruas Jalan Aek Godang – Hutabargot

18 Mei 2024 - 20:29

Pemko Padangsidimpuan Gelar MTQ Ke- XXIII 2024

18 Mei 2024 - 17:59

Bergengsi, Desa Pardomuan Tapsel Wakili Sumut Lomba di HKG PKK Ke-52

18 Mei 2024 - 17:28

Bupati Dolly Pasaribu Lakukan Jalan Santai Bersama Pimpinan OPD dan ASN Tapsel

18 Mei 2024 - 17:15

Pj.Walikota Bai’at dan Lantik Dewan Hakim MTQ XXIII Tingkat Kota Padangsidimpuan

17 Mei 2024 - 19:54

Jumat Bersih di Kecamatan Siabu Terus Berlanjut, Sekcam : Mendukung Semangat Kerja

17 Mei 2024 - 13:45

Trending di Berita Daerah