Menu

Mode Gelap

Peristiwa

Kompri – SU Unras Kejari Palas, Minta Usut Dugaan Penyelewengan Dana Bantuan Banjir


					Kompri – SU Unras Kejari Palas, Minta Usut Dugaan Penyelewengan Dana Bantuan Banjir Perbesar

Madinapos.com – Padang Lawas.

Puluhan Aliansi Mahasiswa dari Koalisi Mahasiwa dan Pribumi Sumatera Utara (Kompri-SU) berunjuk rasa di Kejaksaan Negeri (Kejari) Padang Lawas (Palas). Mereka menyampaikan kejaksaan usut dugaan penyelewengan penyaluran bantuan bencana banjir bandang di Kecamatan Batang Lubu Sutam yang terjadi awal tahun 2022 lalu.

Kordinator Aksi, Kurnia Hasibuan mengungkapkan selaku mahasiswa resah dan mengecam oknum yang diduga kuat telah melakukan penyelewengan atas penyaluran bantuan banjir bandang di Kecamatan Batang Lubu Sutam.

” Kita patut bersyukur atas perhatian pemerintah pusat yang telah menyalurkan bantuan sebesar Rp. 2,5 Milyar untuk bantuan korban banjir bandang di Lubu Sutam, namun kita menduga kuat bahwa dalam tahap penyaluran anggaran Bantuan Perbaikan Rumah (BPR)/Rusak terdapat penyelewengan,” ucap Kurnia saat menyampaikan orasi di depan Kejari Palas, Rabu (04/07/23) lalu, diberitakan Jumat (7/7) siang.

Mahasiswa juga menyampaikan ada dugaan oknum memotong anggaran bantuan kepada pihak masyarakat perkepala keluarga (kk) kurang lebih 10 persen dalam penyaluran bantuan tersebut. Untuk itu Dedi Haryanto selaku koordinator lapangan minta penegak hukum memanggil dan memeriksa pihak Dinas Sosial Kabupaten Padang Lawas, Pemerintah Desa dan Pemerintah Kecamatan.

Sementara itu menanggapi Mahasiswa, Kasi Intel Kejari Padang Lawas Andri Riko Manurung SH mengapresiasi dan meminta mahasiswa membuat laporan agar Kejaksaan melakukan pemeriksaan terhadap pihak terkait.

” Saya mengapresiasi aspirasi dari adik-adik mahasiswa, apabila nantinya kami melakukan pemeriksaan terhadap pihak terkait untuk hal ini kami meminta agar sebagian mahasiswa membuat laporan ke bagian PTSP,” ucap Manurung.

Penulis : A Salam Srg.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 98 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Misterius, Satu Unit Minibus Jenis Daihatsu Taruna Terbakar di Saba Tolang

22 Mei 2024 - 18:16

Tanggul Jebol, Warga Tanggabosi Harapkan Dukungan Alat Berat Pemerintah Daerah

21 Mei 2024 - 20:06

Diduga Diserang Binatang Buas, Seorang Lansia Warga Desa Hutapadang Ditemukan Meninggal Dunia

25 April 2024 - 11:59

Dramatis, Evakuasi Mobil Pemudik Yang Jatuh di Sungai Batang Natal Cukup Rumit

23 April 2024 - 09:35

Lakalantas di Jalinsum Titik Bonan Dolok Kontra Bebek Matic, 1 Meninggal Ditempat

11 April 2024 - 16:05

1 Unit Rumah di Muara Parlampungan, Batang Natal Ludes Terbakar

6 April 2024 - 21:15

Trending di Peristiwa