Menu

Mode Gelap

Berita Daerah

Dukung Program Nasional, Bupati Tapsel Hadiri Launcing GPM Serentak


					Dukung Program Nasional, Bupati Tapsel Hadiri Launcing GPM Serentak Perbesar

Madinapos.com – Tapsel.

Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) H Dolly Pasaribu menghadiri launching Gerakan Pangan Murah (GPM) serentak di 342 titik yang di ikuti 301 Kabupaten/Kota se-Indonesia dan kegiatan tersebut berlangsung di Adian Pardomuan, Kelurahan Pasar Sipirok, Kecamatan setempat, Senin (26/6).

Kegiatan yang di laksanakan secara zoom meeting itu di hadiri Menteri Dalam Negeri, Menteri Perdagangan, Kepala Badan Pangan Nasional, perwakilan Menteri Keuangan, perwakilan Menteri Perekonomian, perwakilan Menteri Perhubungan, Gubernur BI, para Gubernur, Wali Kota/Bupati se-Indonesia.

Disela acara tersebut, Bupati Tapsel H Dolly Pasaribu menjelaskan bahwa ini sebagai upaya menghadapi hari besar keagamaan nasional, seperti Hari Raya Idhul Adha mendatang. Juga untuk menindaklanjuti surat Deputi Bidang Ketersedian dan Stabilisasi Pangan No. 625/TS.02.02/B/06/2023.

“Kami Pemkab Tapsel melalui Dinas Ketahanan Pangan akan melakukan gerakan pangan murah kepada seluruh masyarakat. Kita berharap dengan adanya kegiatan ini, bisa memberikan akses terhadap bahan pangan berkualitas dengan harga terjangkau bagi masyarakat. Juga menekan laju inflasi, serta menjaga stabilitas ketersediaan dan pasokan bahan pangan,” jelas Bupati.

Lebih lanjut Bupati menyampaikan bahwa Pemkab Tapsel bekerjasama dengan Kecamatan Sipirok, Bulog cabang Padangsidimpuan serta mengikutkan pengusahaan UMKM. Tentu hal yang diupayakan dalam penanganan inflasi pangan seperti pengembangan pertanian lokal, pengawasan harga, diversifikasi produksi pangan serta program subsidi dan bantuan pangan.

Disisi lain masyarakat juga menyambut baik dengan hadirnya GPM, yang memberikan kemudahan serta harga yang lebih murah dari harga pasar. “Kami berharap kegiatan seperti ini akan lebih sering dilaksanakan, sehingga kami bisa membeli bahan pokok dengan harga yang lebih murah,” kata Ibu Diana salah seorang pembeli yang hadir diacara GPM tersebut.

Sementara Kepala Dinas Ketahanan Pangan Efrida Yanti Pakpahan menjelaskan bahwa kegiatan GPM ini berlangsung selama satu hari. Bahan pangan yang tersedia diataranya minyak goreng, gaga mie, beras medium, gula pasir, bawang merah, tomat dan cabe merah.

Sedangkan Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi saat zoom meeting menyampaikan bahwa peluncuran GPM ini sebagai aksi nyata dan peran semua pihak, dalam menjaga inflasi pangan juga sekaigus meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

“Ini juga suatu yang membanggakan bagi kita semua, karena seluruh stakeholder telah menjaga pangan dari hulu ke hilir. Mulai dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, BUMN, BUMD dan seluruh asosiasi pangan,” jelasnya.

Tampak hadir, Plt Asisten II, Kadis Pertanian, mewakili Kadis Perdagkop dan UKM, Kabag Prokopim, Kabag Perekonomian, Camat Sipirok, Forkopimcam, perwakilan Bulog, perwakilan BPS, Sales Manager PT Omco Jaya, dan Lurah Pasar Sipirok. (Sayuti)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 64 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

BBM Jenis Pertalite Langka di Sibuhuan, Harga Ketengan Rp.18 Ribu/ Liter, Ketua Sampal Angkat Bicara

21 Februari 2024 - 23:15

Dandim 0212/Tapsel Tanam Pohon Mangrove Serentak di Natal

21 Februari 2024 - 21:51

Sat Samapta Polres Palas Patroli Monitoring di Kantor PPK, Pastikan Kotak Suara Pemilu Aman

20 Februari 2024 - 15:51

KPU RI Umumkan 5 Komisioner KPU Palas Baru, Besok Dilantik

20 Februari 2024 - 00:44

Pemerhati Lingkungan Curigai Ada Pemilik Modal Kuat Dibalik Galian C Ilegal di Linggabayu

19 Februari 2024 - 19:42

Kapolres Madina Pantau Rapat Pleno Penghitungan Suara Pemilu 2024 di Kantor PPK

17 Februari 2024 - 22:15

Trending di Berita Daerah