Menu

Mode Gelap

Berita Daerah

Pimpin Upacara Harlah Pancasila Ke 78, Camat Ranto Baek : Pancasila Falsafah Hidup Bangsa


					Pimpin Upacara Harlah Pancasila Ke 78, Camat Ranto Baek : Pancasila Falsafah Hidup Bangsa Perbesar

Madinapos.com – Manisak.

Camat Ranto Baek Sopian S Ag Pimpin upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Ke – 78 tahun (1 Juni 2023) di Halaman Kantor Kecamatan Desa Manisak Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Kamis (1/6/2023).

Sopian dalam sambutannya menyampaikan, hari lahirnya Pancasila tepat pada tanggal 1 Juni 1945 di mana saat ini genap 78 tahun. Setelah adanya deklarasi hasil rapat BPUPKI menyatakan bahwa Pancasila ditetapkan sebagai dasar dari filosofi atau falsafah hidup berbangsa dan bernegara Indonesia.

” Selama bertahun-tahun dan berabad-abad berjalannya perjuangan bangsa dan seluruh rakyat Indonesia. Pancasila yang kemudian dijadikan sebagai salah satu ujian dan dinamika dalam era sejarah sistem politik nasional di berbagai lintas era pemerintahan,” katanya.

Pada tahun 1998 memasuki era reformasi dengan rasa penuh sukacita, namun di sisi lain ada orang-orang yang berjuang dengan seluruh tenaga daya dan upaya hingga fajar menjemput dalam rangka ikut dalam gelombang demokrasi untuk mempertahankan keutuhan bangsa Indonesia yang berdasarkan Pancasila.

Saat ini kita perlu memahami kembali bahwa semangat memperingati hari lahirnya Pancasila setiap tanggal 1 Juni pada setiap tahunnya bukan sekedar ceremoni atau upacara, tetapi harus diimpelmentasikan dalam kehidupan nyata berbangsa dan bernegara. lahirnya Pancasila itu sendiri melalui semangat gotong royong dalam merawat kemajemukan dalam kebersamaan.

“Jadi didalamnya terkandung nilai untuk hidup saling tolong menolong atau semangat gotong royong, rukun, saling menjaga keamanan, saling menghargai dalam konteks kehidupan bermasyarakat dan bernegara khususnya kita di Kecamatan Ranto Baek ini”, tutupnya.

Hadir dalam kesempatan tersebut, unsur Forkopimcam, Jajaran Kecamatan, Korwil, Para Kasek dan Guru dan juga siswa utusan dari sekolah di wilayah lingkungan Kecamatan. (Suaib)

 

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 125 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Pengajian Akbar BKMT Sinunukan di Desa Kampung Kapas II Hadirkan Ustadz Hamdan Firdaus

19 Mei 2024 - 16:19

Pemkab Madina Mulai Bangun Ruas Jalan Aek Godang – Hutabargot

18 Mei 2024 - 20:29

Pemko Padangsidimpuan Gelar MTQ Ke- XXIII 2024

18 Mei 2024 - 17:59

Bergengsi, Desa Pardomuan Tapsel Wakili Sumut Lomba di HKG PKK Ke-52

18 Mei 2024 - 17:28

Bupati Dolly Pasaribu Lakukan Jalan Santai Bersama Pimpinan OPD dan ASN Tapsel

18 Mei 2024 - 17:15

Pj.Walikota Bai’at dan Lantik Dewan Hakim MTQ XXIII Tingkat Kota Padangsidimpuan

17 Mei 2024 - 19:54

Trending di Berita Daerah