Menu

Mode Gelap

Berita Daerah

Camat LSM Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila Ke 78


					Camat LSM Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila Ke 78 Perbesar

Madinapos.com – Lembah Sorik Merapi

Camat Lembah Sorik Merapi (LSM) Edi Ikhsan Pimpin upacara peringatan hari lahir pancasila ke-78 tahun di halaman SMP Negeri 1 Kelurahan Maga, Kabupaten Mandailing, Kamis (1/6/2023).

Hadir dalam kesempatan tersebut, unsur Forkopimcam, Jajaran Kecamatan, Korwil, Para Kasek dan Guru dan juga siswa utusan dari sekolah di wilayah lingkungan Kecamatan.

Edi Ikhsan dalam sambutannya menyampaiakan, hari lahirnya Pancasila tepat pada tanggal 1 Juni 1945 di mana genap 78 tahun lamanya. Setelah adanya deklarasi hasil rapat BPUPKI menyatakan bahwa Pancasila ditetapkan sebagai dasar dari filosofi atau bisa dikatakan sebagai dasar filosofi bagi bangsa Indonesia.

” Selama bertahun-tahun dan berabad-abad berjalannya perjuangan bangsa dan seluruh rakyat Indonesia. Pancasila yang kemudian dijadikan sebagai salah satu ujian dan dinamika dalam era sejarah sistem politik nasional di berbagai lintas era pemerintahan,” kata Sukhairi.

Pada tahun 1998 memasuki era reformasi dengan rasa penuh sukacita, namun di sisi lain ada orang-orang yang berjuang dengan seluruh tenaga daya dan upaya hingga fajar menjemput dalam rangka ikut dalam gelombang demokrasi untuk mempertahankan keutuhan bangsa Indonesia yang berdasarkan Pancasila.

” Hal yang paling mendasar yang terjadi di tahun itu adalah terjadinya ketimpangan dan penyelewengan nilai-nilai dari Pancasila pada akhirnya menyebabkan kesenjangan perpecahan perpecahan hingga kekacauan yang kemudian berakhir dengan begitu banyaknya huru hara di mana-mana,”pungkasnya. (Suaib)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 119 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Dikasi Surat Yasin, Ibu-ibu Perwiritan Angkola Timur Ucapkan Terima Kasih Bupati Dolly

26 Juli 2024 - 19:57

Babinsa Koramil 15 Muara Sipongi Lakukan Pengaman Sepakbola Remaja U-19

26 Juli 2024 - 19:51

Dinas PPKB Madina Sabet 7 Kategori Penghargaan Harganas Sumut 2024

26 Juli 2024 - 17:00

Forkopincam Lingga Bayu Mediasi F.SPTI Pulo Padang Dengan Pengangkutan TBS PMKS PT. Gruti

25 Juli 2024 - 22:09

Informasi Bocor, Polres Madina Tidak Temukan Alat Berat Dilokasi PETI Kotanopan

25 Juli 2024 - 21:24

Percepat Pengoperasian, Bupati Madina Serahkan Sertifikat Pemungsian Bandara AH Nasution

25 Juli 2024 - 20:35

Trending di Berita Daerah