Menu

Mode Gelap

Sumatera Utara

Atika Rapat Membahas Tapal Batas Antar Madina dan Tapsel di Kantor Gubsu


					Atika Rapat Membahas Tapal Batas Antar Madina dan Tapsel di Kantor Gubsu Perbesar

Madinapos.com – Sumut

Wakil Bupati Mandailing Natal (Madina) Atika Azmi Utammi Nasution kembali membahas tapal batas antara Madina dan Tapanuli Selatan (Tapsel) di ruang rapat III Kantor Gubernur, Medan, Sumut, Rabu (31/5/2023).

Atika mengatakan keinginannya agar persoalan tapal batas ini segera selesai,”Pemkab Madina ingin persoalan tapal batas ini dapat diselesaikan sesegera mungkin, karena kalau berlarut-larut akan menguras energi,” kata Atika.

Pembahasan tapal batas, kata Atika, sudah melibatkan Kemendagri, unsur TNI, Pemprov Sumut, Badan Informasi Geospasial, dan juga perwakilan sekretariat DPR RI.

Atika juga mengatakan proses tapal batas sudah mulai menunjukkan titik temu. Dia mengajak masyarakat untuk berusaha dan berdoa agar permasalahan ini segera mencapai kesepakatan dan kesepahaman antara dua Kabupaten ini.

Atika menegaskan akan merujuk pada Undang- Undang Nomor 12 Tahun 1998 sebagai dasar hukum pemekaran kabupaten Madina dan terbaru RT RW Pemkab Madina tahun 2016.

“Wilayah boleh berbatasan namun persaudaraan dan pembangunan jangan terganggu oleh batas,” kata Atika.

Sementara Asisten I Setdakab Madina Sahnan Pasaribu menyampaikan ada tiga segmen tapal batas yang diperjuangkan oleh pemerintah, diantaranya, Kecamatan Siabu dengan Kecamatan Tano Tombangan, Kecamatan Muara Batang Gadis di segitiga ANJ dan Batu Mundom dan Danau Siais.

“Sudah hampir 20 tahun permasalahan ini belum selesai”, kata Sahnan.

Dari hasil pertemuan tersebut, kata Sahnan, Pemkab Madina dan Tapsel masih menunggu hasil lebih lanjut dari Pemprov Sumut dan kementrian untuk penyelesaian masalah tersebut.

Sahnan mengatakan tim teknis dari kedua daerah akan melakukan pertemuan untuk mencari kesepakatan penentuan titik batas antar dua daerah,”Kedua daerah juga akan melakukan pengecekan langsung ke lokasi untuk mencari kesepakatan penentuan titik batas,” kata Sahnan. (Suaib)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 81 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Silaturahmi Ramadhan 1445 H Bersama Brigjen (P) Prof Dr Hoiruddin Hasibuan SH.MHum di Medan

1 April 2024 - 18:30

Kunker Ke Sumut, Pj. Gubernur Hassanuddin Sambut Kedatangan Presiden RI Joko Widodo

14 Maret 2024 - 11:30

Pj. Gubsu Beri Penghargaan Daerah Dengan Pembangunan Terbaik di Sumut

8 Maret 2024 - 15:50

Media Berduka, PU Harian SIB Tutup Usia

3 Februari 2024 - 01:09

Sukseskan Pemilu 2024, Pj Gubernur Sumut Titip Pesan Penting Ini Pada Media dan Influencer

26 Januari 2024 - 19:59

Pemprov Sumut Kembali Raih Predikat Zona Hijau Dari Ombudsman RI

23 Januari 2024 - 19:38

Trending di Sumatera Utara