Menu

Mode Gelap

Berita Daerah

Tak Tahan Debu Jalan, Warga Pasar Sibuhuan Gotong Royong Sirami Setiap Hari


					Tak Tahan Debu Jalan, Warga Pasar Sibuhuan Gotong Royong Sirami Setiap Hari Perbesar

Madinapos.com – Barumun.

Tak tahan dengan debu dan menggangu aktivitas, Warga Batang Taris Lingkungan VII Kelurahan Pasar Sibuhuan, Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas (Palas) terpaksa kompak gotong royong terus sirami jalan yang telah berbulan belum juga dihotmix, bahkan pernah menyewa mobil tanki bermodal 300 ribu sekali siram, namun berhebti tak tahan biayanya.

“Setiap pagi, siang dan malam. Jalanan pokoknya kita siram karena banyak banget debunya, dulu pernah kita sewa tanki air, sekali siram kena biaya 300 ribu,.kita tak tahanlah, terpaksa kembali manual
” kata pria yang setiap hari bekerja di bengkel sepeda motor miliknya, Selasa (15/05).

Ia juga minta gubsu ataupun kontraktor segera melanjutkan pembangunan jalan ini karena sangat menggangggu aktivitas warga ,” pasalnya jalan yang berdebu sangat mengganggu aktifitas perekonomian warga di sekitar ruas jalinsum belum lagi bisa kena penyakit pernafasan kita,” harap Agus.

Sementara itu, Sapran Hasibuan warga Kecamatan Ulu Barumun sangat bersyukur warga Batang Taris rela menyiram jalan,” Tiap hari saya mengantar anak ke Sekolah di Pasar Sibuhuan harus melelalui jalan yang berdebu, kasihan anak-anak. Sudah rapi dari rumah sampai di sekolah seragamnya sudah lusuh karena berdebu, belum lagi gangguan pernafasan” ujar Sapran.

Informasi sumber media ini, proyek Multi Years Contract (MYC) Provinsi Sumut di Kabupaten Padang Lawas sebesar Rp. 170 M untuk pembangunan 8 titik ruas Jalinsum sepanjang 30 km. Salah satunya ruas Jalinsum di Lingkungan VII Kelurahan Pasar Sibuhuan Kecamatan Barumun.

Mega proyek Provsu dilaksanakan oleh beberapa perusahaan diantaranya terlihat PT Waskita Karya KSO, PT Sumber Mitra Jaya, dan PT Pijar Utama. Namun, usai dilakukan penimbunan base atau dasar hingga kini sejak 7 bulan berlalu belum juga di hotmix, akibatnya warga sering mengeluhkan debu bertebaran dan sangat menggangu.

Penulis : A Salam Srg.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 226 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

272 Calhaj Palas Berangkat Dari Bandara Kualanamu Medan, 1 Gagal Karena Sakit

24 Mei 2024 - 07:16

Pemerintah Kabupaten Turunkan Alat Berat Perbaiki Tanggul Jebol di Tanggabosi, Siabu

23 Mei 2024 - 14:28

Uang Kotak Infak dan Santunan Anak Yatim di Mesjid Al Ihsan Mompang PG Dicuri Maling

23 Mei 2024 - 14:13

Air PDAM Tirta Madina Menuju Komp. Cemara Asri Mampet, Warga : Tagihan Lancar

23 Mei 2024 - 13:58

Polres Madina dan BPJS Kesehatan Sosialisasikan Program JKN Bagi Personil Peserta BPJS

22 Mei 2024 - 18:09

Desa dan Kelurahan se Kecamatan Panyabungan Gelar Gotong Royong Serentak

22 Mei 2024 - 14:34

Trending di Berita Daerah