Menu

Mode Gelap

Berita Daerah

Lembaga Adat dan Budaya Natal Desak Perusahaan Perkebunan Wujudkan Plasma Masyarakat


					Lembaga Adat dan Budaya Natal Desak Perusahaan Perkebunan Wujudkan Plasma Masyarakat Perbesar

Madinapos.com – Natal

Salah satu rekomendasi hasil rapat bulanan Lembaga Adat dan Budaya Ranah Nata (LABRN) Kecamatan Natal Kabupaten Mandailing Natal memutuskan akan segera menyurati perusahaan perkebunan kelapa sawit yang ada di Kecamatan Natal untuk segera mewujudka atau memenuhi kewajiban kemitraan pembangunan kebun plasma untuk masyarakat.

Rapat yang berlangsung di Sekretariat Lembaga Adat dan Budaya Ranah Nata (LABRN) Jln Lintas Pantai Barat. Minggu (30/04) dihadiri Mejelis Pemangku Adat,Ketua Umum Ali Anapiah, SH dan Tasmil Sekretaris Umum serta pengurus di kelembagaan adat ini.

Dalam rapat tersebut, dipaparkan terdapat ada 9 Desa atau Kelurahan di Kecamatan Natal yang belum mendapatkan plasma diantaranya Kelurahan Pasar I Natal, Pasar II Natal, Desa Pasar III, Desa Setia Karya, Desa Sasaran, Desa Panggautan, Desa Pasar V, Desa Pasar VI, dan Desa Taluk. Sementara perusahaan perkebunan yang berinvenstasi pada wilayah ini diantaranya PT. Gruti Lestari Pratama, PT. RMM, PT. DIS, PT. RMP dan PT. PSU serta PT TBS Sikara-Kara

“Agenda rapat LABRN membahas upaya membangun kemitraan kebun plasma dan ini berawal dari aspirasi masyarakat di Kecamatan Natal yang mana kita ketahui bahwa di Kecamatan Natal masih terdapat 9 Desa/Kelurahan yang belum menerima hak plasma”, ungkap Ali Napiah, Ketua Umum LABRN Kecamatan Natal.

Ia juga menjelaskan hasil rapat yang disepakati diantaranya menyurati Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal serta Perusahaan-perusahan yang belum melaksanakan kewajiban plasma di Kecamatan Natal untuk melaksanakan kewajibannya.

” Rapat berlangsung dengan baik dan rekomendasi akan dilaksanakan dalam waktu yang sesingkat-singkatnya untuk kebaikan dan kepentingan bersama demi kesejahteraan masyarakat di Kecamatan Natal” , tutup Ali. (MP-S)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 450 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Pj. Walikota Padangsidimpuan Sholat Idul Fitri di Masjid Agung Al-Abror

12 April 2024 - 10:44

Pj Bupati Dan Kapolres Palas Sholat Id 2024 di Lapangan Merdeka Sibuhuan, Bersama Ribuan Jamaah

11 April 2024 - 14:16

Rayakan Idul Fitri 1445 H, Bupati Tapsel Ajak Masyarakat Tingkatkan Amal Kebaikan

11 April 2024 - 14:08

Libur Lebaran 2024, Polsek MBG Tingkatkan Pengamanan Obyek Wisata Pantai

11 April 2024 - 13:58

Jamaah Padati Pelaksanaan Shalat Ied 1445 H di Mesjid Agung Nur Alanur Panyabungan

10 April 2024 - 08:02

Diikuti Ribuan Warga, Camat Siabu Lepas Pawai Takbiran Sambut Idul Fitri 1445 H

10 April 2024 - 04:31

Trending di Berita Daerah