Menu

Mode Gelap

Pendidikan

Madrasah Persiapan Negeri (MApN) Ranto Baek Terancam Tutup, Ini Penjelasannya


					Madrasah Persiapan Negeri (MApN) Ranto Baek Terancam Tutup, Ini Penjelasannya Perbesar

Madinapos.com – Ranto Baek.

Madrasah Persiapan Negeri (MApN) Ranto Baek yang merupakan salah satu Sekolah Swasta di Kecamatan Rantobaek Kabupaten Mandailing Natal saat ini terancam tutup. Alasan utama yang disampaikan pihak sekolah berbasis agama dan masih swasta tersebut karena minimnya murid yang mendaftar.

Padahal diketahui dari titik letak sekolah ini rasanya tidak mungkin akan kekurangan siswa. Setidaknya ada 5 desa yang jaraknya dekat dengan sekolah ini. Desa Tandikek, Huta Nauli, Sampuran, Gunung Godang dan Desa Bangun Saroha yang masyarakatnya juga cukup banyak, rasanya ini sangat tidak mungkin kekuarangan siswa.

Ikbal Hambali salah satu guru madrasah tersebut mengakui sangat prihatin dengan sekolah ini sekarang, karena beberapa tahun belakangan ini siswa yang mendaptar terus menurun, padahal 5 tahun silam siswa di sekolah ini masih lumayan favorit sebelum adanya sekolah menengah atas negeri di wilayah ini.

“Sudah sering kami sampaikan juga ke Kemenag Madina untuk secepatnya di usulkan penegerian”, ungkapnya, Kamis (16/3).

Hal senada disampaikan Sakti Manraguna Lubis, salah seorang tenaga pendidik di sekolah ini,” penegerian sekolah ini mungkin menjadi jalan satu – satunya agar terus bisa bertahan dan eksis, padahal kita sudah berupaya semaksimal mungkin, dengan berbagai kegiatan agar minat masyarakat tetap tinggi mensekolahkan anaknya di madrasah ini”, ungkapnya.

“Semua guru di MApN merupakan sarjana dan memilki kemampuan mengajar yang cukup baik, hanya saja fasilitas penegerian lah yang banyak dipersoalkan masyarakat, untuk itu kami berharap bisa dibantu oleh pemerintah daerah”, tutup Sakti yang juga Ketua Karang Taruna Kecamatan Kecamatan Linggabayu ini.

Sementara itu, menanggapi keluhan pihak MApN, Camat Ranto Baek diketahui telah mengundang sejumlah pihak diantaranya Kepala Desa, Mts.PN, MApN, tokoh masyarakat dan alim ulama untuk membahas persoalan ini pada Sabtu (18/3) di Aula Kantor Camat Rantobaek. (am)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 170 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Indahnya Berbagi, DKR Pramuka Linggabayu Berbagi Takjil Ramadhan 1445 H

30 Maret 2024 - 22:04

Selama Ramadhan 1445 H, Pelajar SDN 035 Pintu Padang Jae Adakan Khatoman Alqur’an

24 Maret 2024 - 00:07

Hari I Masuk Sekolah Pasca Libur Ramadhan 1445 H, MAN 1 Madina Gelar Tausiyah Keagamaan

18 Maret 2024 - 12:24

MAN 1 Madina Sabet Juara Umum Kompetisi Sains POSI Sumut 2024

14 Maret 2024 - 13:10

SMA Negeri I Batahan Lepas 73 Tamatan 2024 Angkatan Ke – 18

8 Maret 2024 - 00:51

Siswa MAN 1 Madina Gelar Pelatihan Praktek Pemandian Jenazah

28 Februari 2024 - 12:03

Trending di Pendidikan