Menu

Mode Gelap

Berita Daerah

Musrenbang RKPD Kabupaten Padang Lawas Tahun 2024 Resmi Digelar


					Musrenbang RKPD Kabupaten Padang Lawas Tahun 2024 Resmi Digelar Perbesar

Madinapos.com – Palas.

Pemerintah Kabupaten Padang Lawas (Palas) melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Padang Lawas menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (Musrenbang RKPD) Tahun 2024.

Musrenbang RKPD tahun 2024 mengangkat tema “Akselerasi Pencapaian Padang Lawas Bercahaya melalui peningkatan SDM dan Ekonomi”, di Hotel Al Marwah Jalan Ki Hajar Dewantara Padang Luar Sibuhuan, Rabu (08/03).

Plt Bupati Padang Lawas drg.H.Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt,.MM,.M.Si,.MH (AZP) secara langsung membuka kegiatan secara resmi yang ditandai dengan dan memukul Gong 3 kali sekaligus menandatangani berita acara kegiatan.

Dalam arahannya, AZP mengatakan, Musrenbang merupakan program tahunan dalam rangka mengakomodir kepentingan masyarakat. Selain itu juga sebagai ajang partisipasif masyarakat untuk merumuskan pembangunan agar lebih aspiratif dan transparan.

Dikatakan, Pembangunan Kabupaten Padang Lawas 2023, tidak terlepas dari visi-misi pemerintah Kabupaten Padang Lawas Beriman, Cerdas, Sehat, Sejahtera dan Berbudaya (Bercahaya) yang tertuang dalam RPJMD.

” Musrenbang tahun 2024 merupakan musrenbang tahun terakhir dari RPJMD dalam rangka menuntaskan program-program pembangunan kedepannya,” kata AZP.

Sementara itu, Kepala Bappeda Kabupaten Padang Lawas, Tryanta H. SE, M.Si menyampaikan, Pemkab Palas tetap konsisten dalam melakukan program-program pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Untuk itu lanjutnya, perlu adanya masukan dari seluruh masyarakat untuk merumuskan dan menentukan arah kebijakan pembangunan ke depan. Ditambahkannya, Musrenbang kali ini untuk merumuskan arah kebijakan pembangunan Kabupaten Padang Lawas tahun 2024 mendatang.

“Selain itu, musrenbang ini juga sebagai ajang meminta masukan dari para ahli dan stakeholder serta pemangku kepentingan di Kabupaten Padang Lawas, untuk melengkapi dan menyempurnakan rancangan kerja daerah Kabupaten yang telah disesuaikan”, sebut Tryanta.

Tryanta menuturkan, pelaksanaan musrenbang ini juga dalam rangka menyepakati permasalahan dan menentukan program prioritas pembangunan daerah untuk diselaraskan dengan pembangunan provinsi dan nasional.

” Dengan diselenggarakannya Musrenbang ini, dapat diperoleh masukan, sinergitas dan menjadi bahan penyusunan perencanaan yang semakin berkualitas,” ucapnya.

Sebelumnya, sambutan tertulis Gubsu Edy Rahmayadi yang dibacakan Kepala BPBD Provsu Tuahta Ramajaya Saragih M.Si menyampaikan dalam konteks capaian pembangunan makro di Kabupaten Padang Lawas berdasarkan data BPS sampai dengan tahun 2023, hampir semuanya telah menunjukan capaian yang baiik, antara Lain :

Laju pertumbuhan ekonomi yang mampu tumbuh menjadi 4,61 persen pada tahun 2022 meningkat 0,78 persen dibandingkan dengan capaian tahun 2021 Sebesar 3,83 Persen, pertumbuhan tertinggi terjadi pada lapangan usaha Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan sebesar 50,31 persen.

Indeks pembangunan manusia yang juga terus meningkat menjadi 69,58 poin pada tahun 2022 Meningkat 0,94 poin dibandingkan tahun 2021 sebesar 8,69 Poin.

Kemiskinan juga terus membaik menjadi 8,05 persen pada tahun 2022 turun 0,64 persen dibandingkan tahun 2021 sebesar 8,69 persen.

Tingkat pengangguran terbuka yang terus menurun menjadi 4,07 persen pada tahun 2021 menurun 0,04 persen dibandingkan tahun 2020 sebesar 4,11 persen.

Gini rasio yang juga terus membaik menjadi 0,227 poin pada tahun 2022 turun 0,025 poin dibandingkan tahun 2021 sebesar 0,252 poin.

Terdapat beberapa hal yang menjadi penekanan kami dalam Musrenbang ini, seperti : Pertama, seluruh stakeholders harus memperhatikan target-target yang terdapat dalam dokumen perencanaan yang lebih tinggi tingkatannya, seperti RPJMN, RPD Provinsi, RPJMD Kabupaten.

Kedua, memperhatikan hasil evaluasi RKPD Tahun 2022, untuk melihat seberapa capaian pembangunan pada tahun 2022 yang telah tercapai.

Ketiga, mempertimbangkan program-program strategis baik tingkat Nasional dan Provinsi, maupun Kabupaten.

Terakhir, harus memperhatikan kondisi riil di daerah, mulai dari permasalahan hingga isu-isu strategis kedepan.

Beberapa isu strategis di Kabupaten Padang Lawas yang kami coba lihat, dan harus menjadi perhatian antara lain: Ancaman resesi global, pembangunan berkelanjutan, terobosan pengentasan kemiskinan, penurunan tingkat pengangguran terbuka, peningkatan pertumbuhan ekonomi daerah melalui pemanfaatan produk unggulan daerah, penanganan Stunting, serta netralitas ASN dalam Pemilu dan Pilkada.

Turut hadir Kepala BPBD Provinsi Sumatera Utara Tuahta Ramajaya Saragih M.Si mewakili Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Kabid Litbang dan Inovasi Bappeda Sumatera Utara Tapi Sari Rumonda Bulan Siregar SS, SE.Ak, Forkopimda, Sekda Arpan Nasution S.Sos, Kepala OPD, para Camat, OKP, Ormas, LSM, Pers, Tokoh Ulama, tokoh masyarakat, tokoh adat dan tamu undangan lainnya.

Penulis : A Salam Srg.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 147 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Pemkab Madina Mulai Bangun Ruas Jalan Aek Godang – Hutabargot

18 Mei 2024 - 20:29

Pemko Padangsidimpuan Gelar MTQ Ke- XXIII 2024

18 Mei 2024 - 17:59

Bergengsi, Desa Pardomuan Tapsel Wakili Sumut Lomba di HKG PKK Ke-52

18 Mei 2024 - 17:28

Bupati Dolly Pasaribu Lakukan Jalan Santai Bersama Pimpinan OPD dan ASN Tapsel

18 Mei 2024 - 17:15

Pj.Walikota Bai’at dan Lantik Dewan Hakim MTQ XXIII Tingkat Kota Padangsidimpuan

17 Mei 2024 - 19:54

Jumat Bersih di Kecamatan Siabu Terus Berlanjut, Sekcam : Mendukung Semangat Kerja

17 Mei 2024 - 13:45

Trending di Berita Daerah