Menu

Mode Gelap

Berita Daerah

Ketua Dekranasda Kota Padang Sidempuan Hadiri Pembukaan INACRAFT Ke- 23


					Ketua Dekranasda Kota Padang Sidempuan Hadiri Pembukaan INACRAFT Ke- 23 Perbesar

Madinapos.com – Padang Sidempuan.

Ketua Dekranasda Kota Padang Sidempuan Ny. Derliana Irsan Efendi menghadiri Pembukaan INACRAFT ke-23 tahun 2023 di Jakarta Convention Center, Rabu (01/03/2023).
Gelaran diprakarsai oleh Asosiasi Eksportir dan Produsen Handcraft Indonesia (ASEPHI) bekerjasama dengan PT Mediatama Binakreasi yang akan berlangsung selama 5 hari mulai tanggal 1-5 maret 2023.

Pameran INACRAFT tahun 2023 ini Provinsi Sulawesi Selatan terpilih menjadi ikon dengan mengusung tema “Form Smart Village to Global Market”.

Pameran Inacraft ini diisi 1.222 both atau tenant pengarajin dari seluruh Indonesia, Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kota Padang Sidempuan turut ambil bagian pada gelaran INACRAFT tahun 2023 tersebut.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno yang hadir mewakili Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo.
Hadir juga beberapa perwakilan Negara seperti Maroko dan mesir serta Menteri dan pejabat Negara, juga Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman beserta Kepala Daerah Se Provinsi Sulawesi Selatan.

Gubernur Sulawesi Selatan menyampaikan terima kasih kepada pihak ASEPHI selaku penyelenggara yang telah memilih Provinsinya sebagai Icon di tahun 2023 ini.
Menurutnya, ini merupakan upaya Pemerintah Provinsi Sulsel dalam mengenalkan budaya dan kerajinan yang ada di Daerahnya serta meningkatkan perekonomian para perajin yang ada disana.

Membacakan sambutan Presiden, Sandiaga Uno mengatakan lewat gelaran tersebut diharapkan produk para pelaku UMKM di Indonesia bisa berkembang dan dikenal masyarakat Dunia.
Selain itu dirinya menargetkan INACRAFT tahun ini transaksi bisa melebihi transaksi ditahun 2019 sebelum pandemi Covid.
Menteri Pariwisata itu juga menambahkan INACRAFT sebagai salah satu gelaran kerajinan terbesar di Asia Tenggara diharapkan mampu membangkitkan semangat dan perekonomian para pelaku UMKM yang ada di Indonesia.

Kemudian Ketua Dekranasda padang SIdempuan Ny. Derliana Irsan Efendi berharap dengan adanya pameran Inacraft ini tenun dari Kota Padang Sidempuan bisa dikenal dan dilirik pasar nasional. Menurutnya tenun Padang Sidempuan selain memiliki kualitas yang bagus juga memiliki motif yang unik dan menarik.

“Mudah-mudahan ini menjadi salah satu pintu bagi tenun kita (Padang Sidempuan) untuk bersaing di kancah nasional”,ucapnya.

Dengan diliriknya tenun dari Padang Sidempuan tentu akan meningkatkan ekonomi pengerajin kita dan tidak menutup kemungkinan akan banyak investor datang ke Kota Padang Sidempuan”, tutupnya.
(*/Andy)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 265 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Dandim 0212/TS Letkol Inf. Amrizal Nasution Irup HARKITNAS Ke 116 Padangsidenpuan

21 Mei 2024 - 03:46

Pemkab Palas Peringati Harkitnas Ke-116 Tahun 2024, Sekda Arpan Sebagi Irup.

20 Mei 2024 - 20:48

Bupati Tapsel : Era Teknologi Saat Ini, Inovasi Jadi Kunci Atasi Barbagai Kesulitan

20 Mei 2024 - 20:39

KPU Palas Luncurkan Tahapan Pilkada Bupati/Wakil Bupati Periode 2024 – 2029

20 Mei 2024 - 17:22

Camat Panyabungan Timur Pimpin Upacara Harkitnas Tahun 2024

20 Mei 2024 - 16:25

SMAN I Batahan Peringati Harkitnas ke – 116

20 Mei 2024 - 15:30

Trending di Berita Daerah