Menu

Mode Gelap

Berita Daerah

Distan Madina Beri Bantuan Bibit Coklat dan Kelapa Ke Petani Desa Sayur Matua


					Distan Madina Beri Bantuan Bibit Coklat dan Kelapa Ke Petani Desa Sayur Matua Perbesar

Madinapos.com – Nagajuang

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mandailing Natal (Madina) melalui Dinas Pertanian kembali beri bantuan bibit buah – buahan ke petani. Kali ini yang mendapat bantuan kelompok Tani dari Desa Sayur Matua Kecamatan Nagajuang, Kamis (10/11).

Bantuan bibit ini langsung diserahkan oleh Wakil Bupati Madina Atika Azmi Utammi didampingi kepala Dinas Pertanian Siar Nasution.

Turut serta hadir dalam penyerahan bibit tersebut Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Madina, Rahmad Hidayat, S.Pd, Kabag Protokol dan Pimpinan Setdakab, Wildan Nasution beserta Camat Naga Juang, Lion Muslim Nasution, SSTP.

Kemudian mewakili Kementerian Pertanian dihadiri Pengawas Benih Tanaman Ahli Madya BBPTP Medan, Susilawati Lubis.

Kelompok tani di Sayur Matua mendapat 15.500 batang bibit jenis kelapa dan kakao (coklat). Kelompok tani subur jaya menerima 15.000 kakao dan kelompok tani Rap Rabe 500 batang bibit kelapa.

Kepala Dinas Pertanian menyebut bantuan bibit tersebut bersumber dari bantuan Balai Besar Perbenihan dan Proteksi Tanaman Perkebunan pada Kementerian Pertanian Republik Indonesia.

Selain di Naga Juang, 1.900 batang bibit kepala juga dibagikan bagi empat kelompok tani yang tersebar pada beberapa Kecamatan di Kabupaten Madina.

” Alhamdulillah bantuan bibit dan pupuk maupun jenis lainnya terus mengalir dari pusat maupun provinsi untuk Kabupaten Madina. Ini merupakan bukti bahwasanya pemerintah peduli dengan nasib para petani di Kabupaten kita. Saya berharap bantuan bibit ini dimanfaatkan dan diberdayakan sebaik mungkin,” katanya.

Apabila para petani kesulitan maupun tidak mengetahui tata cara memelihara tanaman jenis apapun, para penyuluh pertanian di tingkat desa sudah standby memberikan pelayanan yang terbaik bagi petani.

” Kordinasi merupakan jalan terbaik dalam mencari solusi. Misalnya, petani masih ragu dengan cara merawat tanaman, nanti bisa diajari penyuluh kita. Mereka selalu siap mengajari masyarakat,” imbuhnya.

Sementara Ketua Kelompok Tani Subur Jaya, Romali Rambe mengucapkan terima kasih kepada Bupati Madina, HM Ja’far Sukhairi Nasution dan Wakil Bupati atas perhatian yang telah diberikan kepada petani.

Ia beserta rekannya berjanji akan memanfaatkan bantuan bibit tersebut sesuai dengan harapan pemerintah.

” Kita sudah terima bantuan, tentunya rasa bangga itu sangat besar. Terima kasih pemerintah pusat telah membantu kami, juga kepada pemerintah daerah melalui Dinas Pertanian yang memperjuangkan,” ungkapnya. (Suaib)

 

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 178 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Persilatan Ki Ageng Pandan Alas Cabang Sumut Lepas Keberangkatan 19 Calon Warga Ke Madiun

20 Juli 2024 - 08:42

Kasat Binmas Polres Palas Beri Penyuluhan di Sekolah MTSN 1

19 Juli 2024 - 19:41

Camat Siabu : Kegiatan Jum’at Bersih Memperkuat Silaturahmi Antar Instansi

19 Juli 2024 - 11:55

Nurul, Siswi Berprestasi Asal Lingga Bayu Mengaku Bangga Ketemu Bupati Madina

18 Juli 2024 - 23:10

Pj. Walikota Padangsidimpuan Terima Audensi Pengurus PWI Tabagsel

18 Juli 2024 - 23:02

Kades Ujung Batu I Palas Terima Mahasiswa KKL Dari IAIPL

18 Juli 2024 - 21:59

Trending di Berita Daerah