Menu

Mode Gelap

Berita Daerah

Hari Kesehatan Gigi Nasional 2022, 1.000 Siswa SD di Palas Ikuti Sikat Gigi Bersama


					Hari Kesehatan Gigi Nasional 2022, 1.000 Siswa SD di Palas Ikuti Sikat Gigi Bersama Perbesar

Madinapos.com – Padang Lawas.

1.000 siswa tingkat Sekolah Dasar (SD) di Padanglawas (Palas) ikuti acara sikat gigi bersama dan kegiatan sosisalisasi menyikat gigi dengan baik dan benar, bertempat di Lapangan Merdeka Pasar Sibuhuan, Jalan Ki Hajar Dewantara, Kecamatan Barumun, Senin (12/09/2022)

Kegiatan ini digelar dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Gigi Nasional (HKGN) tahun 2022, dengan tema pulih bersama dengan senyum sehat Indonesia.

Sambutan sekaligus membuka acara oleh  Plt Bupati Palas drg H Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt,.MM,.M.Si yang di bacakan Asisten III Bidang Administrasi Umum Drs Amir Soleh Nasution.

Ia mengatakan gigi dan mulut merupakan salah satu bagian yang sangat penting bagi tubuh manusia, gigi yang bermasalah dapat menyebabkan gangguan dalam berbicara, makan dan gangguan pada tubuh lainnya, oleh sebab itu, menjaga kebersihan gigi dan mulut sangat penting dilakukan sebelum terjadinya penyakit.

Lebih lanjut Amir Soleh menerangkan, persepsi dan perilaku masyarakat Indonesia terhadap kesehatan gigi dan mulut masih buruk, ini terlihat dari masih besarnya angka karies gigi dan mulut.

Sementara kata Amir Soleh di Indonesia ada dua penyakit mulut yang sering dialami masyarakat, yaitu Karies gigi adalah sebuah penyakit infeksi yang merusak struktur gigi. Umumnya penyakit ini akan menyebabkan gigi berlubang, jika tidak ditangani akan menyebabkan nyeri, penanggalan gigi serta infeksi.

Selanjutnya, Periodental merupakan penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri yang terakumulasi di dalam calculus (karang gigi).

Menurutnya faktor dari kurangnya kesadaran masyarakat terhadap kesehatan gigi adalah faktor pendidikan dan kurangnya kesadaran diri dari masing masing individu untuk berperilaku hidup sehat.

“Pendidikan merupakan faktor utama karena dari pendidikan yang baik kita bisa belajar dan mengetahui penyebab terjadinya infeksi didalam mulut serta kesadaran dan masing masing individu untuk menjaga tubuh tetap sehat”, katanya.

Berdasarkan hal tersebut ungkap Amir Soleh, perlunya diadakan sosialisasi untuk memberikan edukasi kepada masyarakat betapa pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Dengan demikian diharapkan rencana pembangunan kesehatan menuju visi-misi Padanglawas BERCAHAYA bisa terwujud, mari kita mulai pola hidup sehat dengan menjaga kesehatan secara utuh dan menyeluruh dengan maksimal, Pungkasnya.

Sementara itu Juliana Sari selaku Ketua Panitia dalam laporannya memaparkan, dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Gigi Nasional (HKGN).

Dalam hal ini Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) cabang Palas mengadakan acara sikat gigi bersama dengan mengundang perwakilan dari lima Sekolah Dasar di sekitar Pasar Sibuhuan Dengan jumlah siswa/siswi yang mengikuti lebih kurang 1.000 orang peserta, terangnya

“Dalam kegiatan ini seluruh siswa kita arahkan untuk menyikat gigi secara bersamaan di seluruh Indonesia serta mengikuti HKGN secara virtual lansung dari pusat”, ungkapnya.

Selain sikat gigi bersama lanjut Juliana, kita juga memberikan sosialisasi kepada peserta bagaimana menyikat gigi dengan benar serta Pemberian Makanan Tambahan (PMT).

Melalui kegiatan ini kita berharap, semoga dengan sosialisasi kepada Siswa tingkat dasar tentang cara menyikat gigi dengan benar, dapat memberikan edukasi serta kesadaran kepada siswa betapa pentingnya menjaga gigi dan mulut, pungkasnya

Hadir dalam acara ini, Kadis DP2KBP3A Palas Markia Hasibuan SE, Kadis Disdikbud Palas Hj. Rosida Wati Suriani Pulungan S.Pd, Kadis Kesehatan Palas beserta undangan lainnya.

Penulis : A Salam Srg.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 39 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

DPRD Dan Pemkab Madina Setujui KUPA-PPAS APBD 2022

24 September 2022 - 22:03

DPC MAPAN RI Gelar Sosialisasi, Dukung Visi Bupati Tapsel Sehat Tanpa Narkoba

24 September 2022 - 19:31

Erwin Efendi Buka Word Tourism Day 2022 di Jembatan Merah Desa Kayu Laut, Madina

24 September 2022 - 11:53

Bupati Sukhairi : Santri Bisa Menjadi Pemimpin Bangsa Dimasa Depan

23 September 2022 - 17:55

Insfratruktur Jalan di Panyabungan Timur Dibangun, Masyarakat Ucapkan Terimakasih

23 September 2022 - 17:50

Kapolres Madina Resmikan Polsubsektor Panyabungan Timur

23 September 2022 - 14:59

Trending di Berita Daerah