Menu

Mode Gelap

Berita Daerah

Walikota Ikuti Panen Bawang Merah di Desa Baruas : Kota Padangsidempuan Butuh 55 Ton Perbulan


					Walikota Ikuti Panen Bawang Merah di Desa Baruas : Kota Padangsidempuan Butuh 55 Ton Perbulan Perbesar

Madinapos.com – Padang Sidempuan.

Dalam rangka mendukung peningkatan Ketahanan Pangan Nasional, Walikota Padang Sidempuan Irsan Efendi Nasuion, SH, MM ikuti kegiatan panen bawang merah di Desa Baruas, Kecamatan Batunadua, Ahad (4/9/2022).

Walikota bersama masyarakat Desa Baruas memanen bawang merah di lahan seluas 900 meter persegi (15 Bedengan) dengan estimasi hasil panen sebanyak 1 Ton Bawang Merah.

Beliau menyampaikan, untuk menjaga ketahanan pangan dan memenuhi kebutuhan Bawang Merah di Kota Padang Sidempuan, maka diperlukan 55 Ton setiap bulannya, yang mana kita telah mampu memenuhi kebutuhan bawang merah.

“Sebagai epicentrum pusat perbelanjaan di Tabagsel, Padang Sidempuan memiliki pangsa pasar yang cukup besar dan prospek yang bagus pada komoditas Bawang Merah ini, untuk itu kita harus pastikan stok komoditi bawang merah harus tersedia dengan pertanaman berkelanjutan”, tuturnya.

Selanjutnya kata Wali Kota Irsan, perlu kerja keras dan kolaborasi dengan seluruh pihak, baik Dinas Pertanian, Pemerintah Desa, Penyuluh, Brigade Alsintan, dan tentunya petani untuk bersama meningkatkan produksi Bawang Merah di Kota Padang Sidempuan, ungkapnya.

Beliau melanjutkan, komitmen untuk melakukan pertanaman serentak dengan mengusung “September Menanam” tanaman holtikultura, baik itu Cabai Merah, Bawang Merah, Cabai Rawit, dll disetiap desa, lanjutnya.

Irsan Efendi juga berpesan agar Dinas Pertanian mampu melahirkan petani-petani yang unggul.

“Saat ini juga telah kita mulai di Dinas Pertanian untuk memulai sekolah lapangan, dimana petani pemula akan dilatih dan praktik langsung dilahan pertanian mulai dari pembibitan hingga panen”, ujar Wali Kota.

Hadir dalam giat panen bawang di Desa Baruas tersebut, Wali Kota, Kadis Pertanian, Kadis Ketahanan Pangan, Kadis Kominfo, Kadis Perdagangan, Kabag Perekonomian, Ketua Apdesi, Ketua PWI, Para Kepala Desa di Kecamatan Batunadua, serta penyuluh pertanian. (*/Andy Hsb)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 116 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Pj Bupati Palas Serahkan LKPD Tahun 2023 Kepada BPK RI Perwakilan Sumut

28 Maret 2024 - 22:54

Keluarga Besar SUBDENPOM I/2-7 Madina Bagikan Takjil Berbuka Puasa Kepada Masyarakat

28 Maret 2024 - 21:58

Hujan Deras Timbulkan Luapan, Manager PKS PT. HKI : Rembesan Limbah Sudah Ditangani

28 Maret 2024 - 21:49

Wabup Tapsel Berbuka Puasa Bersama Warga di Aek Batang Paya, Sipirok

28 Maret 2024 - 18:06

Pj Bupati Palas Hadiri Rapat Koordinasi Penguatan Sinergi KPK di Medan

28 Maret 2024 - 17:49

Kapolres Madina Pimpin Press Release Ungkap Kasus Narkoba Selama Maret 2024

27 Maret 2024 - 23:53

Trending di Berita Daerah