Menu

Mode Gelap

Berita Daerah

TP-PKK Palas Terima Kunjungan Tim Monitoring Dari TP-PKK Sumut


					TP-PKK Palas Terima Kunjungan Tim Monitoring Dari TP-PKK Sumut Perbesar

Madinapos.com – Padang Lawas.

Plt. Ketua TP- PKK Padang lawas (Palas) Ny. Emma Nurul Ahmad Zarnawi, Diwakili Ketua I Ny. Fathiyah Arpan Nastuion menyambut kedatangan Tim Monitoring dari TP- PKK Provinsi Sumatera Utara (Sumut) di Aula Hotel Al Marwah Sibuhuan, Sabtu (03/09/2022).

Tim Monitoring dari TP PKK Provinsi Sumatera Utara Desa Percontohan Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR), Aku Hatinya PKK, Tahun 2022 di Ketua oleh Sekretaris TP- PKK Provinsi Sumatera Utara Reza Pahlevi Lubis.

Sambutan Ketua TP- PKK Kabupaten Padang lawas yang dibacakan Wakil Ketua I Ny. Fathiyah Arpan Nasution menyampaikan bahwa membina satu desa bukanlah suatu hal yang mudah karena desa yang dibina dihuni oleh masyarakat yang berbagai majemuk dengan tingkat pendidikan yang beragam, tingkat kesejahteraan dan ekonomi yang variatif. Ungkapnya.

Sambungnya lagi, namun dengan jiwa yang tulus ikhlas serta didorong keinginan untuk mengabdi kepada masyarakat, para relawan PKK dari tingkat Kabupaten hingga desa menjadikan setiap tantangan sebagai penambah semangat dan pendewasaan diri untuk mencapai tujuan gerakan PKK Kabupaten Padang lawas”, ujarnya.

Ditambahkan Fathiyah, TP -PKK memprioritaskan dua desa untuk dinilai tim monitoring provinsi, yakni, Desa Sibual buali Kecamatan Ulu Barumun Kategori Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR) dan Desa Pir Trans Sosa 1A Kecamatan Sosa Timur Kategori Pemanfaatan Lahan pekarangan (Hatinya PKK).’ujarnya.

Selain itu, terdapat desa binaan TP- PKK bersama OPD Palas Tahun 2022 yaitu, Desa Siparau Kecamatan Barumun Tengah kategori tertib administrasi PKK, Desa Pagaran Baringin Kecamatan Barumun Kategori UP2K PKK dan Kecamatan Lubuk Barumun kategori Iva Test.

Selanjutnya fathiyah mengharapkan bimbingan dan arahan dari tim monitoring provinsi guna pembinaan TP PKK Kabupaten Padanglawas diwaktu yang akan datang untuk mewujudkan visi misi gerakan PKK.

Sementara itu, Sambutan Plt. Bupati Padanglawas drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt,.MM,.M.Si yang disampaikan Sekda Palas, Arpan Nasution S.Sos, mengatakan bahwa pembinaan desa percontohan merupakan salah satu upaya pemberdayaan masyarakat secara kompetitif yang dimotori TP-PKK dari tingkat kabupaten hingga desa.

Pelaksanaan kegiatan perlombaan desa binaan dilaksanakan dalam tiga tahap yakni supervisi, monitoring dan evaluasi. Tahap supervisi telah dilaksanakan pada Mei 2022 lalu dan hari ini tahap monitoring untuk memantau perkembangan pelaksanaan desa binaan di Kabupaten Padang Lawas.

Untuk itu sekda berharap agar tim monitoring dapat memberikan bimbingan, saran dan arahan untuk mendukung desa percontohan yang terpilih agar kedepan menjadi contoh dan panutan bagi desa lain yang ada di Kabupaten Padanglawas.

Pada akhir sambutan, melalui TP- PKK, Sekda mengajak masyarakat Palas untuk mengoptimalkan lahan pekarangan rumah dengan menanam sayuran dan kebutuhan pokok lainnya guna menekan laju inflasi. Salah satu pemicu laju inflasi adalah dari kenaikan harga bahan pokok termasuk cabe, yang sampai saat ini telah menginjak harga tertinggi 100 ribu/kg.

Pada kegiatan ini, Pokja I PKK kabupaten yang diketuai Ny.Yani Harjusli Fahri menampilkan beberapa kegiatan pola pembinaan dan pengasuhan anak dan remaja, diantarannya menampilkan jingle paredi, drama berjudul Akibat pernikahan dini, dimana keseluruhan peranya dimainkan para remaja Desa Sibual buali.
Penampilan ini merupakan salah satu bentuk sosialisasia pola pengasuhan anak dan remaja.

Sedangkan pokja 3 yang diketuai Ny. Rini Roni Saiful menampilkan paparan terkait kegiatan desa binaan Pir Trans Sosa 1A dalam pengelolaan lahan pekarangan rumah dengan menanam berbagai jenis tanaman penyokong kebutuhan rumah tangga seperti sayuran, cabe, tomat dan lain sebagainya, juga Tanaman obat keluarga (toga) dan apotik hidup dengan berbagai macam media tanam dan perawatannya.

Kemudian, Tim Monitoring Provinsi memberikan beberapa saran dan masukan tentang pengelolaan desa percontohan kategori PAAR dan Aku Hatinya PKK terkait langkah dan kiat kiat pembinaan pola asuh anak dan remaja serta pengolahan lahan pekarangan rumah.

Acara ini turut dihadiri Sekda Palas Arpan Nasution S.Sos, Kadis PMD M Faisal Amrin Siregar SAP,MM, Kadis Pertanian Falah Alfitri Daulay S.TP, Kadis Tannak Agussalim Hasibuan, S.Pt, Kadis BLH Ongku Bosar Daulay, S.Pd, Kadis Perindag Gojali, SE para pengurus TP PKK Kabupaten, Ketua TP PKK Kecamatan dan Ketua TP PKK tingkat Desa Kabupaten Padang lawas.

Penulis : A Salam Srg.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 23 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Forkopincam Linggabayu Gelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2022

1 Oktober 2022 - 21:33

Wawakot Padang Sidempuan Inspektur Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2022

1 Oktober 2022 - 21:24

Wawakot Buka Rakor Pendataan Awal Regsosek 2022 Yang Digelar BPS Padang Sidempuan

1 Oktober 2022 - 21:21

Wawakot Arwin Sambut Kedatangan Tim Evaluasi PT.P2W-KKS Provinsi Sumatera Utara

1 Oktober 2022 - 21:18

DPRD Palas Gelar Paripurna Penetapan P-APBD TA 2022

1 Oktober 2022 - 18:42

Plt. Bupati Palas Inspektur Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2022

1 Oktober 2022 - 17:31

Trending di Berita Daerah