Menu

Mode Gelap

Sumatera Utara

Gubernur Sumut Dorong Pemkab Madina Bangun Kawasan Pertanian Terpadu


					Gubernur Sumut Dorong Pemkab Madina Bangun Kawasan Pertanian Terpadu Perbesar

Madinapos.com – Sumatera Utara.

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mengundang Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mandailing Natal (Madina) untuk membahas rencana pembangunan kawasan pertanian terpadu. Selain Madina, Edy Rahmayadi juga mengundang Pemkab Karo, Dairi, Pakpak Bharat, dan Tapanuli Selatan (Tapsel).

Rencana pembangunan kawasan pertanian terpadu tersebut dibahas dalam rapat yang digelar di Rumah Dinas Gubernur Sumut, Medan, Jumat (2/9/2022). Rapat itu dihadiri Bupati Madina HM Jafar Sukhairi Nasution, Wakil Bupati Madina Atika Azmi Utammi Nasution, Kepala Dinas Pertanian Madina Siar Nasution, dan Sekretaris Bapeda Madina Ahmad Martua.

Dalam rapat tersebut, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi meminta lima kabupaten tersebut menyiapkan desain kawasan pertanian sejelas mungkin, sehingga rencana tersebut bisa cepat berjalan.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut juga akan bersinergi dengan Pemkab dan Kementerian Pertanian. Itu sebabnya, ketiganya nantinya akan berkontribusi mengalokasikan anggaran untuk pembangunan kawasan tersebut bersama-sama dengan anggaran kabupaten dan Kementerian Pertanian.

“Kita serius, kabupaten siap berapa, provinsi berapa dan Kementerian berapa, kita sinergikan ini,” kata Edy Rahmayadi saat memimpin rapat tersebut.

Edy optimistis rencana tersebut berhasil, karena Sumut memiliki tanah yang subur. Namun, tanah yang subur perlu didukung semua sektor, salah satunya infrasturktur. Pemprov Sumut akan menyelesaikan pembangunan jalan. Dengan pembangunan jalan tersebut, diharapkan produktivitas maupun distribusi hasil pertanian dapat meningkat.

“Harusnya kalau ditangani dengan benar, perekonomian kita terus baik meskipun ada gejolak global. Kita bisa mandiri, kita bisa buat, ” kata Edy.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo yang mengikuti rapat secara virtual menyampaikan rencana tersebut akan berhasil apabila dilakukan dengan sinergi dan bergandengan tangan. Selain itu, dia menyebut ada beberapa hal yang mesti dipastikan oleh para bupati, di antaranya kepastian lahan, kepastian konsep pembiayaan, hingga kepastian sumber daya manusianya.

Mentan siap bekerja bersama dengan Gubernur Edy Rahmayadi dan bupati terkait untuk mewujudkan rencana tersebut. “Saya berharap ini jangan terlalu lama, saya siap untuk sama-sama kita Pak Gubernur,” ujarnya.

Sementara Direktur Jenderal Sarana dan Prasarana Kementerian Pertanian Ali Jamil yang hadir secara langsung meminta para bupati menyiapkan grand design sejelas mungkin. “Rencana aksinya itu harus clear supaya jelas kita masuknya bagaimana,” kata Ali Jamil. (Suaib)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 70 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Farianda Tepati Janji, Seluruh Anggota PWI Dapat Asuransi Jiwa 42 Juta Rupiah

24 September 2022 - 11:23

Gus Yahya : PBNU Akan Berada di Belakang Polri

10 September 2022 - 15:02

Bupati Madina Menghadiri Konferensi Wilayah NU Sumut di Asrama Haji Medan

9 September 2022 - 16:30

Bunda Paud Madina Hadiri HUT ke-17 HIMPAUDI di Medan

8 September 2022 - 22:00

Ketua TP- PKK Kota Padang Sidempuan Hadiri “Parade dan Gebyar Kebaya Nasional 2022” Tngkat Provinsi Sumut

2 September 2022 - 21:04

Gubsu Edy Lantik 123 Pejabat Administrator dan Pengawas Lingkungan Pemerintahan Prov. Sumut

2 September 2022 - 15:45

Trending di Sumatera Utara